Suhu Panas Batam di Atas Normal
Oleh : Hadli
Kamis | 14-04-2016 | 08:50 WIB
suhu-panas.jpg
Ilustrasi suhu panas. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam menyampaikan suhu, panas di Batam telah mencapai 34 derajat celcius. 

"Kemarin siang suhu maksimum yang tercatat siang 34,2 derajat celcius, dengan kecepatan angin dari Timur 5-34 kilo meter per jam," kata Kepala Stasiun BMKG Hang Nadim, Rabu (13/1/2016).

Belakangan ini, tambahnya, pertumbuhan suhu udara di Batam, lebih panas dibanding hari biasanya, dengan suhu antara 30-31 derajat celcius. 

"Hal itu disebabkan terjadinya kelembaban udara yang tinggi dan langit yang tertutup awan secara penuh, menyebakan kita merasa gerah," terang Philip. 

BMKG memprediksikan cuaca panas akan terus berlangsung hingga akhir April 2016 mendatang. Namun, diperkirakan suhu udara tidak mencapai 35 derajat celcius.

Ia menerangkan, kelembaban udara pada seluruh wilayah Kepri masih sangat tinggi. Sehingga potensi pembentukan awan bisa menjadi curah hujan di Batam dan sekitarnya. 

"Kelembapan udara pada lapisan menengah atmosfir kepri sedang tinggi, sehingga potensi hujan tetap ada, tetapi rendah, oleh sebab itu, Batam cenderung panas disertai hujan lokal sebentar," jelasnya.

Selain itu, menuturnya, arah angin juga kerap berubah arah dengan kecepatan yang fluktuatif. Sehingga patut diwaspadai karena wilayah Kepri sudah masuk kondisi pancaroba. 

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk mengantisipasi aktivitas awan comulus, yakni hujan yang deras dalam tempo singkat dan disertai petir dan guntur serta angin puting beliung," tuturnya. 

Editor: Dardani