Ketua Komisi II DPRD Batam Sebut Pemko dan BP Tertutup Soal Reklamasi
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 13-04-2016 | 16:12 WIB
yudi-kurnain-baru.jpg
Ketua Komisi II DPRD Batam, Yudi Kurnain.

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Komisi II DPRD Batam, Yudi Kurnain mengatakan bahwa Pemko dan BP Batam tertutup soal data perusahaan dan besaran Pendapatan Asli Daerah dari sektor reklamasi

"Pemko maupun BP Batam sudah kita minta data perusahaan yang lakukan reklamasi, tapi mereka belum berikan. Pemko dan BP sangat tertutup," kata Yudi, Rabu (13/4/2016).

Ia mengatakan, selagi reklamasi punya tujuan untuk kebaikan maka akan didukung. Akan tetapi menurutnya, antara jumlah reklamasi dengan PAD tidak sesuai.

"Waktu ditanya bagaimana cara menghitung pendapatan tersebut, jawabnya pokoknya totalnya begini. Jumlah uang aja tanpa ada rincian," terangnya.

Dasar dirinya sidak, ada protes dari Gubernur terkait komplain resort dan hotel yang pengunjungnya berenang namun lautnya kotor. Selain itu, reklamasi juga berdampak pada alur kapal.

"Makanya langsung koordinasi dengan Pemko dan BP tapi responnya negatif," katanya.

Bahkan, politisi dari PAN tersebut memiliki dugaan bahwa pembayaran tidak sesuai aturan yang benar dan lebih condong bayar ke oknum. Baca: Yudi Kurnain Sebut Reklamasi Pantai di Batam Banyak Membekingi

"Estimasi saya kehilangan PAD di atas Rp8 miliar dalam lima tahun belakangan ini," ungkap Yudi.

Sehingga, Komisi II belum lama ini berkoordinasi dengan Polresta Barelang dalam rangka memperbaiki, membenahi dan menghitung pendapatan dari reklamasi.

"Serius, kami ini tak main-main (soal reklamasi)," tutup Yudi.

Editor: Dodo