Begini Tips Memelihara Ikan Gurami Bagi Pemula
Oleh : Harun Al Rasyid
Senin | 11-04-2016 | 09:50 WIB
Terpal_kolam_ikan.jpg
Terpal kolam ikan gurami. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ikan gurami atau dalam bahasa latin disebut osphronemus goramy merupakan sejenis ikan air tawar yang populer dan disukai banyak konsumen di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Lalu, bagaimana cara pemeliharaan ikan gurami yang baik. Berikut tips sederhana menurut Ray Ketua Asosiasi Perikanan Ikan Air Tawar Sei Temiang, 

Dikatakan Ray, siapkan dulu lahan yang luasnya lebih dari 1 x 1 meter dengan kedalam lebih dari 1 meter. Semakin besar lahan akan semakin bagus perkembangan ikan gurami. 

Lalu masukan bibit ikan gurami 15 sampai 20 ekor saja. Sebab untuk lahan seluas 1 meter, maksimal menampung ikan gurami sebanyak 20 ekor. "Kalau terlalu banyak kurang bagus, lambat perkembangannya dan persaingan makanan juga besar," terang Ray kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (9/4/2016). 

Masalah pakan, Ray mengatakan ikan gurami termasuk jenis ikan vegetarian atau pemakan jenis sayur-sayuran dan dedaunan. Sehingga bagi pemula tak perlu khawatir akan jenis makanan pokok ikan gurami. Seperti sayur kangkung, kol, bayam dan jenis dedaunan seperti talas, pepaya, dan lain sebagainya. 

"Daun pepaya juga bagus karena ada zat anti biotiknya. Ikan jadi kebal dengan penyakit," ujarnya. 

Akan tetapi untuk makanan ini bagi ikan gurami yang berumur 3 bulan keatas atau dengan panjang sekitar 3 inci. Sedangkan yang belum berumur 3 bulan harus diberi makan pelet khusus ikan gurami. 

Mengenai bibit, Ray menyarankan bagi yang baru membuka usah peternakan ikan gurami agar memilih bibit yang siap di sebar. Keuntungannya adalah pelaku usaha tidak kesulitan dalam memberikan pakan dan merawat bibit telur. 

"Harganya bibit berfariasi, ukuran 2 inci sekitar 3000 sampai 3500 per ekor. Mending yang siap tebar sehingg beri makanya mudah," ungkap Ray. 

Sebagai catatan, lanjut Ray, ikan gurami termasuk jenis ikan yang lamban perkembangannya. Gurami hanya bisa di panen ketika sudah berumur 1 tahun. Waktu yang demikian lama inilah menjadi alasan para petani ikan keberatan memelihara ikan jenis gurami. 

Kendati demikian, prospek penjualan hasil komoditi ikan gurami sangat menjanjikan. Harga pasaran ikan gurami senilai Rp 60 ribu hingga Rp 65 ribu rupiah. 

"Harga jualnya memang mahal. Kalao langsung beli di petani ikan 45 sampe 50 perkilo. Tapi itu, lama waktu panennnya," pungkasnya

Editor: Dardani