Depot Air Isi Ulang Terbakar, Enam Mobil PBK Dikerahkan
Oleh : Harun al Rasyid
Jum'at | 08-04-2016 | 17:39 WIB
kebakaran-depot-air.jpg
Sejumlah warga mengerumuni depot air isi ulang yang terbakar setelah api berhasil dipadamkan. (Foto: Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sedikitnya enam unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan api yang melahap depot air minum DK-19, di Perumnas Sagulung Blok D Nomor 118, Kelurahan Sungai Langkai, Jumat (8/4/2016) sekitar pukul 13.30 WIB. 

Jumlah mobil pemadam kebakaran yang diturunkan sebanyak 6 unit tak pelak membuat warga sekitar heboh. Apalagi kebakaran itu hanya menimpa depot air minum yang terbilang kecil. "Kirain kebakaran besar, ternyata cuma segitu doang. Banyak kali mobil pemadamnya," ujar Erniwani, warga sekitar sambil menyaksikan petugas pemadam kebakaran menjinakan si jago merah. 

Berdasarkan pantauan BATAMTODAY.COM, keenam mobil pemadam tersebut 3 unit milik Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan 3 lainnya milik Badan Pengusaha (BP) Batam. Api yang melalap bagian kanan depot air yang diketahui milik Sayuti berhasil dipadamkan hanya dengan 1 mobil pemadam. 

"Bentar saja disemprot sudah selesai. Tapi bersyukurlah tidak merambat ke rumah warga," timpalnya. 

Informasi yang didapat, pemicu kebakaran tersebut diduga berasal dari korsleting arus listrik di dalam gudang penyimpanan galon. Api cepat menyambar plastik dan bahan-bahan yang mudah terbakar lainnya di dalam gudang. 

"Apinya dari dalam gudang memang, sepertinya korsleting listrik," ujar salah satu petugas pemadam yang tak menyebutkan namanya. 

Senada dikatakan Andi salah satu warga sekitar, titik api berasal dari beker listrik yang ada didalam gudang tersebut. Selain melahap plafon dan dinding rumah, api juga menjalar ke tumpukan penutup botol yang diletakan di dalam gudang. 

"Tak mungkin karena api rokok. Listriknya yang konslet, itu masih hitam bagian dindingnya," ujar Andi sambil menunjuk ke arah yang dimaksud. 

Hingga berita ini dirilis, Sayuti selaku pemilik depot enggan berkomentar. Ia masih terlihat sibuk membenahi sisa-sisa kebakaran dan membersihkan air yang tergenang di dalam rumahnya. 

Editor: Dodo