Takut Omzet Turun, Pedagang di Simpang Rujak Menolak Direlokasi
Oleh : Roni Ginting
Senin | 04-04-2016 | 15:13 WIB
dagang rujak.jpg
Walikota Batam, Rudi dan Wakilnya, Amsakar Ahmad saat kunjungan dan dialog pra relokasi, Senin (4/4/2016) siang. (Foto: Roni Ginting)

BATAMTODAY.COM, Batam - Para pegangan kaki lima di Simpang Rujak, Sei Panas Batam menolak untuk direlokasi ke Batam Centre Motor (BCM) Seraya Atas, alasannya, omzet penjualan bakal merosot.

Hal itu diungkapkan para pedagang kepada Walikota Batam, Rudi dan Wakilnya, Amsakar Ahmad saat kunjungan dan dialog pra relokasi, Senin (4/4/2016) siang.

Suharyo, salah satu pedagang disana meminta pemerintah kembali mengkaji ulang relokasi ke BMC Seraya Atas. "Kita mau saja pindah, tapi jangan sekarang," kata Suharyo.

Menurutnya, lokasi di BCM Seraya Atas tersebut sangat sempit dan kecil. Padahal Simpang Rujak menjadi ramai tak hanya karena rujaknya yang sedap, namun juga lokasinya yang unik. Untuk tu diminta agar tempat relokasi dibenahi dulu.

"Tempatnya panas, kalau di sini banyak pohonnya dan rindang pak," tuturnya.

Diungkapkan, para  pedagang sempat meminta agar dipindahkan ke Simpang Kuda, Sei Panas, namun ditolak. Pedagang mengaku telah menerima surat penertiban yang isinya menyatakan agar pedagang membongkar sendiri lapak berjualan selambatnya tanggal 10 April 2016. 

"Tanggal 11 langsung undian lapak di BMC. Kita khawatir omzet penjualan akan menurun dan kita mengalami kerugian karena selama ini dalam sehari kami mendapatkan keuntungan bersih sekitar Rp100 ribu sampai Rp300," terang Suharyo.

Sementara itu, kepada para pedagang Rudi mengatakan akan tetap akan merelokasi. Pasalnya, lokasi Simpang Rujak merupakan buffer zone dan rawan longsor. "Ini kalau pohonnya mati bisa bahaya," ujar Rudi.

Selain itu, relokasi juga dilakukan untuk kepentingan pembangunan jalan tol yang akan dibangun BP Batam.

"di tempat yang baru akan kita tanami pohon. Di Batam pedagang rujak cuma di sini. Jadi kalau pindah ke manapun tidak masalah," terang Rudi.

Untuk meramaikan lokasi pedagang rujak nanti, Rudi akan menginstruksikan seluruh pegawai di lingkungan Pemko Batam untuk mengunjungi bersama-sama makan rujak. 

"Nanti kita buat acaranya, saya yang resmikan. Seluruh pegawai akan makan rujak di situ, tetap kita bayar," jelas Rudi.

Editor: Dardani