Penyerahan Armada Harus Dibarengi Peningkatan Pelayanan Pengangkutan Sampah
Oleh : Irwan Hirzal
Jum'at | 01-04-2016 | 14:12 WIB
penyerahan-armada-sampah.jpg
Seremoni penyerahan armada pengangkut sampah dari DKP Batam ke kecamatan. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelimpahan 63 mobil pick-up, 21 becak motor dan 3 unit speedboat Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) ke tingkat kecamatan harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan sampah bagi masyarakat.

Hal ini diungkapkan Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad dalam pelimpahan sebagian kewenangan dalam pengangkutan sampah, di perumahan ke tempat pembungan sementara (TPA) agar tidak ada lagi penumpukan di permukiman masyarakat. 

"Harus ada peningkatan pengangkutan sampah di pemukiman masyarakat. Kalau tidak meningkat ada dua kemungkinan, satgas berkerja tidak optimal atau camat tidak monitoring tumpukan-tumpukan sampah," ujar Amsakar.

Memang saat ini, kata Amsakar, mobil pengangkutan sampah pemerintah sangat kurang dibandingkan jumlah penduduk Kota Batam, yang tumbuh begitu pesat.

Di satu sisi, banyaknya investasi yang tumbuh membuat kota Batam menjadi tujuan bagi masyarakat daerah lain. Imbasnya, volume sampah akan terus bertambah tahun demi tahun.

"Dampaknya satu hari sampah sekarang mencapai 880 ton. Baik itu sampah rumah tangga, perusahan, fasilitas umum. Karena sesuai Peraturan Daerah (Perda) satu hari mengangkut dua kali, tapi sarana belum cukup," katanya.

Amsakar berharap pengangkutan sampah di tengah masyarakat tidak terkendala. Camat yang sudah diberikan kewenangan punya kebijakan, bangaimana mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Agar sampah di masyarakt tidak menumpuk.

"Intinya pemerintah berkeinginan bagaimana pelayanan sampah kepada masyarakat itu bisa terkoordinir melalui camat lah. Karena camat yang lebih tahun permasalahn ditengah-tengah masyarakat," tuturnya.

Hal ini sesuai janji Wali Kota Batam Rudi dan Amsakar terpilih dalam meningkatkan pelayanan, melakukan beberapa langkah sidak ke Dinas Kependudukan (Disduk), Batan Pertanahan Nasional (BPN), dan hari ini hari menyerahan armada pengangkutan sampah ke camat.

"Camat yang akan menjadi ujung tombak dalam peningkatan pelayanan kepada masyatakat," pungkasnya.

Editor: Dodo