MEA Beri Dampak Positif Bagi Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 12-03-2016 | 10:57 WIB
gintoyono.jpg
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemko Batam, Gintoyono Batong.

BATAMTODAY.COM, Batam - Meskipun beberapa pihak menilai diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akan berdampak negatif bagi Batam, namun hal itu tidak bagi Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemko Batam, Gintoyono Batong menyampaikan bahwa pihaknya optimis, MEA membuka peluang bagi kemajuan daerah, khususnya Kota Batam yang wilayahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga.

"Beragam keuntungan tentu bisa direbut melalui persaingan dengan negara lainnya," kata Gintoyono, Sabtu (12/3/2016).
 
Kemudian dampak positif lainnya bagi Batam yaitu berjalannya MEA dapat mendorong pemerintah baik Pusat dan dearah menciptakan prosedur investasi yang lebih sederhana, jelas dan kondusif.

Hal ini tersebut menjadi penting untuk meningkatkan penanaman modal serta memberikan perlindungan dan kepastian dalam berinvestasi di kota yang terkenal dengan industrinya ini. 

"Tentu pemerintah juga akan menyiapkan fasilitas sarana dan prasarana serta sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan tenaga kerja asing terutama dalam hal iptek," jelasnya.

Kemudian, lanjutnya yaitu terkait infrastruktur, pemerintah pasti menyediakan infrastruktur yang berkualitas untuk mendukung aktivitas kegiatan investasi terutama pelabuhan, jalan, listrik, air bersih dan telekomunikasi.

Menyederhanakan birokrasi terutama dalam hal kepabeanan serta meningkatkaan daya saing kawasan melalui jaminan stabilitas ekonomi sosial, politik dan keamanan.

"Tapi MEA juga menuntut persaingan sumber daya manusia yang sangat ketat," ujarnya.

Editor: Dodo