Mulai Senin Depan, Perekaman KTP Elektronik di 9 Kecamatan Sudah Siap
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 20-02-2016 | 17:20 WIB
ilustrasi perekaman e-ktp.jpg
Ilustrasi perekaman E-KTP. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Mardanis menyatakan, perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP)-Elektronik di 9 kecamatan memang sampai saat ini masih terkendala.


Namun, ia berjanji akan menyempurnakan pada Senin mendatang.  "Memang sekarang masih ada kendala, namanya juga pemula. Senin depan ready, baik itu jaringanya," kata Mardanis kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (20/2/2016).

Mardanis mengakui dua kecamatan masih terkendala, Bengkong dan Batuaji. Bengkong itu karena pejabat fungsional dipindahkan ke Lubukbaja, sedangkan Batuaji server belum terkoneksi.

"Kita akan laksanakan proses by pass saja, jadi servernya nanti bisa terkoneksi cepat," ujarnya.

Sementara itu pejabat fungsional yang kosong di Kecamatan Bengkong, pihaknya segera mencari pejabat penganti. Mardanis mengatakan hal itu tak akan butuh waktu lama.

"Senin sudah ready semua, diharapkan tidak ada kendala," ujarnya.

Mardanis mengungkapkan, dirinya akan menerapkan pengawasan langsung. Setiap pejabat fungsional akan bertanggungjawab langsung kepada Mardanis. Tak hanya itu saja, sekali beberapa priode dirinya akan melakukan razia dan pengecekan ke tiap kecamatan.

"Saya akan turun, tapi waktunya tidak menentu," kata Mardanis.

Ia berjanji bila ditemukan adanya penyelewengan di lapangan, dirinya tak segan-segan untuk menindak.

"Saya akan beri sanksi dan memindahkan pegawai kalau terbukti pungli. Karena bebas pungli untuk pelayanan masyarakat adalah programnya pak Rudi," ucapnya.

Untuk menangani calo-calo e-KTP. Mardanis telah meminta anggotanya di lapangan, agar tak melayani mereka. 
"Saya sudah tekankan, harus faco to faco. Pengurusan e-KTP harus orangnya langsung," pungkasnya.

Editor: Dardani