Cuaca Tak Bersahabat Belum Ganggu Aktivitas Pelayaran di Batam
Oleh : Irwan Hirzal/Hadli
Sabtu | 20-02-2016 | 13:24 WIB
cuaca-buruk-lagi.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Meski sejak malam diguyur hujan wilayah Provinsi Kepri khususnya Batam, tidak berdampak pada aktivitas pelayaran di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS).

Arus kapal ferry terlihat lancar meskipun hujan mengguyur kota Batam, sejak pagi hingga Sabtu (20/02/2016) siang. Hal ini diakui oleh Syahbandar PDS, Komaruddin.

"Sejak pagi arus kapal ferry di pelabuhan lancar saja. Tidak ada terkendala," ujar Komaruddin saat kepada BATAMTODAY.COM.

Sehingga, tidak ada penundaan keberangkatan kapal penumpang antar kota maupun provinsi. Namun demikian pihaknya terus berkordinasi dengan kota tujuan mengenai cuaca di perairan.

"Hanya hujan, tidak disertai angin kencang. Jadi tidak berpengaruh dengan arus di kapal penumpang," pungkasnya.

Sementara,  Syahbandar Pelabuhan Telaga Punggur, Erwin Sjafrizal menyampaikan cuaca buruk disertai hujun yang merata terjadi di Batam khususnya perairan belum mengganggu jadwal pelayaran kapal antar kota di Provinsi Kepri. 

"Gelombang di laut relatif tenang, walapun hujan lebat mengguyur, pelayaran tetap normal belum ada hambatan," ujarnya.

Menurutnya, sejak pagi seluruh jadwal pelayaran feri Batam -Tanjungpinang, Batam - Tanjunguban, Batam - Dabo Lingga, dan roro (roll on roll off) Batam - Tanjunguban berjalan sesuai jadwal.

"Tapi kami tetap menyampaikan kepada setip operator dan setiap kapal yang berlayar untuk selalu waspada Kemungkinan terjadi perubahan cuaca di luar perkiraan saat dalam pelayaran," jelasnya. 

Karena, tambahnya saat ini cuaca memang sedang kurang bagus. Hujan yang terjadi sejak Jumat malam juga tidak mereda yang mengakibatkan pandangan terbatas. 

Untuk itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam agar mengetahui setiap perubahan cuaca. 

Editor: Dodo