Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur di Lahan KSB
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 20-02-2016 | 11:33 WIB
jurado_siburian_baru.jpg
Anggota Komisi III DPRD Batam, Jurado Siburian (foto : ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemerintah Kota (Pemko) dan Badan Pengusahaan (BP) Batam harus mempersiapkan infrastruktur di kavling siap bangun (KSB), lahan peruntukan bagi warga rekolasi dari rumah liar tersebut.

Pasalnya selama ini warga hanya diberikan KSB tanpa dilengkapi infrastruktur yang memadai, terutama jalan untuk akses warga menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Anggota Komisi III DPRD Batam, Jurado Siburian mengatakan, selain infrastruktur yang tidak ada, warga selama ini juga sering mengalami kesusahaan saat mengurus surat kavling yang diberikan.

"Tanpa surat kavling ini, warga tidak bisa mengurus pemasangan air dan listrik. Karena ATB dan PLN butuh legalitas, namun saat ngurus warga sering dipersulit," kata Jurado, Sabtu (20/2/2016).

Salah satu contohnya ia katakan adalah di Kavling Abadi Jaya Sei Lekop. Menurutnya di kavling tersebut banyak warga yang sampai hari belum menikmati aliran listrik dan air bersih. Kemudian jalan yang ada dinilai juga tidak memadai.

Maka itu, jika ingin menyelasaikan persoalan rumah liar di Batam, Jurado sampaikan baik Pemko maupun BP Batam harus serius menyikapi persoalan tersebut, supaya warga rumah liar yang nantinya akan ditertibkan mau dengan sendirinya pindah ke KSB jika infrastruktur yang ada lengkap.

Kemudian juga persolan lain yang masih banyaknya ditemukan adalah masih adanya oknum yang memperjual belikan lahan tersebut untuk memperoleh keuntungan sendiri. Padahal sudah jelas bahwa lahan tersebut untuk warga relokasi rumah liar.

"Saya tidak bilang itu oknum dari mana, tapi yang jelas ada. Jadi sekali lagi pemerintah harus tegas menyelesaikan persoalan ini," jelasnya.


Editor : Udin