Koperasi UKM Harus Manfaatkan Dana Bergulir Rp 66 Miliar dari Pusat
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 19-02-2016 | 11:19 WIB
Febrialin.jpg
Kepala Dinas PMP-KUKM Kota Batam, Febrialin

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMP-KUKM) Kota Batam berharap bisa menyerap Rp 60 miliar dana bergulir yang disiapkan Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas PMP-KUKM Kota Batam, Febrialin mengatakan bahwa anggaran tersebut disalurkan melalui Lembaga Penyaluran Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB-KUMKM).

"Dan jumlah tersebut merupakan 60 persen dari target penyaluran dana bergulir LPDB di Provinsi Kepulauan Riau," kata Febrialin, Jumat (19/2/2016).

Karena itu ia jelaskan bahwa hal ini merupakan peluang besar dan harus dimanfaatkan KUMKM yang ada di Batam. Terlebih lagi melihat komposisi UKM di Kepri, 75 persen adalah diri Kota Batam.

Febrialin juga menyampaikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan untuk menyosialisasikan program Kementerian Koperasi dan UKM ini.

Pasalnya menurutnya banyak pelaku usaha mikro kecil menengah dan koperasi yang belum mengetahui tentang dana bergulir yang berasal dari dana APBN ini. Apalagi bunga yang ditawarkan kecil sekali, hanya 4,5 persen per tahun sliding atau 2,5 persen per tahun flat.

"Kita juga siap untuk memfasilitasi koperasi dan UMKM Batam yang ingin mengajukan proposal dana bergulir ke LPDB," jelasnya.

Editor: Dodo