Dishub Batam Selesaikan Tiga Pelabuhan Beton di Hinterland
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 11-02-2016 | 11:14 WIB
zulhendri.jpg
Kepala Dishub Kota Batam, Zulhendri. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam menyatakan telah menyelesaikan tiga pelabuhan beton di wilayah Hinterland Kota Batam yang dibangun pada tahun anggaran 2015.


Kepala Dishub Kota Batam, Zulhendri mengatakan, tiga pelabuhan beton tersebut yaitu di Teluk Bakau, Teluk Air dan Pulau Setokok. Dengan panjang yang bervariasi.

"Kontrak ketiganya ini berbeda. Tapi ketiganya sudah terlaksana dan selesai pembangunannya tepat waktu," kata Zulhenderi saat melaporkan kepada Pansus LKPj Wali Kota Batam 2015, Rabu (10/2/2016).

Pada kesempatan itu, Zulhendri juga menyampaikan bahwa pada APBD perubahan tahun 2015 anggaran pembangunan sarana prasaran transportasi laut adalah Rp5,1 miliar dengan realisasi sebesar Rp4,3 miliar atau 86,10 persen.

Sisa anggaran tersebut ia katakan adalah sebesar 708,9 juta. Adapun sumber anggaran tersebut yaitu berasal dari APBD dan APBN, yang tujuannya untuk meningkatkan akses dan perekonomian masyarakat.

Sementara, secara keseluruhan Dishub menyampaikan bahwa dana APBD Perubahan tahun 2015 sebesar Rp39,8 miliar dengan realisasi sebesar Rp37,544 miliar atau 94,31 persen dengan sisa anggaran sebesar Rp1,9 miliar.

Menanggapi hal itu, ketua Pansus LKPj Wali Kota Batam akhir tahun anggaran 2015, Udin P Sihaloho berharap apa yang disampaikan oleh Dishub Kota Batam benar adanya dan bisa dipertanggung jawabkan.

"Kita minta kejujuaran dari Dishub dan mereka menyampaikan sudah tidak ada permasalahan lagi, ya mudah-mudahan begitu," kata anggota Fraksi PDI Perjuangan tersebut

Tapi menurutnya, pihaknya  akan tetap memberikan rekomendasi kepada Komisi terkait untuk meninjau langsung pasalnya mengingat daerahnya di Hinterland, sedangkan SKPD yang diminta pertanggungjawaban kinerjanya bukan hanya Dishub saja.

Editor: Dardani