Kaligrafi Anak Negeri Merambah Hingga ke Mancanegara
Oleh : CR-212
Jum'at | 05-02-2016 | 14:39 WIB
IMG_20160204_152903.jpg
Pameran Kaligrafi di Mega Mall dibuka hingga 14 Februari 2016 mendatang (Foto : Firdaus)

BATAMTODAY.COM, Batam - Negara kita adalah negara yang kaya akan potensi, baik dari Sumber Daya Alam SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Contohnya saja, saat ini begitu banyak karya tangan anak negeri yang sudah mendunia.

Surabaya adalah salah satu kota yang juga terkenal dengan pengrajin seni pahat kaligrafinya, berbagai jenis kaligrafi diciptakan di Kota ini, mulai dari ukiran kayu, silikon dan perak.

Saat ini karya anak negeri yang satu ini sudah ada yang di ekspor sampai ke berbagai negara di dunia, serta negara tetangga seperti, Singapura dan Malaysia.

"Harga untuk sebuah kaligrafi tergantung ukuran dan komponennya. Misalkan yang menggunakan kayu, harganya akan lebih mahal dibanding perak dan silikon. Hal ini dikarenakan pengukiran dengan kayu lebih sulit," ujar Dedet, peserta pameran di Mega Mall kepada BATAMTODAY.COM, Jum'at (5/2/2016).
 
Kaligrafi yang berbahan kayu berukuran 150x40 cm dapat ditargetkan harganya hingga mencapai Rp6 juta. Sedangkan untuk bahan silikon sebesar Rp2 juta dan untuk kaligrafi yang berbahan perak dibanderol seharga Rp5 juta.

"Kemarin kami baru saja mengekspor ke Denmark. Kalau di Batam, biasanya pembelinya orang orang Singapura. Mereka lebih memilih kaligrafi kayu, diantaranya berukuran 150x40cm bahkan lebih besar dari itu," tambahnya lagi.

Bagi anda yang ingin menghiasi rumah anda dengan nuansa kaligrafi, khususnya yang sedang berada di sekitar Batam, ayo kunjungi pamerannya di Maga Mall Batam hingga 14 Februari mendatang.

Editor : Udin