Kerahkan 520 Personel

Polisi Ajak Warga Bersinergi Amankan Perayaan Imlek di Batam
Oleh : Romi Chandra
Jum'at | 05-02-2016 | 12:21 WIB
imlek_lampion.jpg
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 520 personel aparat kepolisian, disiagakan untuk pengamanan perayaan tahun baru Imlek pada 8 Februari 2016 mendatang. Ratusan personil itu sendiri, merupakan gabungan Polsek-polsek dan Polresta Barelang serta juga dibantu oleh Polda Kepri.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polresta Barelang, Kompol Deden Nurhidayatullah, mengatakan, para personil trsebut akan disebar pada seluruh vihara serta tempat perayaan Imlek lainnya di Batam.

Namun untuk prioritasnya, ada tiga lokasi perayaan menjadi pusat keamanan, kawasan Martabak Har Nagoya, Vihara Windsor, dan Vihara Seipanas.

"Untuk perayaan Imlek, biasanya akan berpusat di tiga tempat ini. Namun setiap vihara lainnya juga ikut kita jaga," ungkap Deden, Jumat (5/2/2016).

Selain itu, pihaknya juga sudah mulai mengawasi dan menyiagakan personel di setiap pintu keluar dan masuk Batam, baik pelabuhan maupun bandara.

"Kita juga koordinasi dengan Bea dan Cukai Batam untuk mengawasi barang yang keluar masuk. Termasuk juga orang-orang yang memiliki kepentingan lain datang ke Batam, akan kita awasi," tambahnya.

Disebutkan Deden, menjelang perayaan besar untuk warga Tionghoa tersebut, semua pihak termasuk masyarakat harus bisa mengawasi diri dan memperhatikan lingkungan di sekitar. Jika melihat orang baru, perlu diwaspadai dan dicari tahu asalnya. Tujuannya, agar Batam terhindar dari teror atau semacamnya.

"Kita wajib berpikir ke sana. Semua kemungkinan bisa saja terjadi. Karena itu, warga juga harus merasa peduli untuk menjaga keamanan di Batam. Jika melihat orang yang mencurigakan, tolong dilaporkan. Misalnya menjelang Imlek ini, tiba-tiba melihat orang asing tinggal di sekitar rumah, coba diperhatikan. Jika mencurigakan, mohon dilaporkan," pintanya.

Editor: Dodo