Jalan Simpang Gelael Batam Center Dilebarkan Tahun Ini
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 29-01-2016 | 18:29 WIB
IMG_20160129_155755_1454064340923.jpg
Wawako Batam, Rudi saat melihat langsung jalan si simpang Gelael Batam Center. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan melanjutkan penataan pelebaran jalan. Setelah jalan Nagoya-Jodoh, direncanakan pada tahun 2016 wilayah Batam Center juga akan dilebarkan guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas yang semakin padat.


Wakil Wali Kota Batam, Rudi mengatakan, Pemko Batam melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam akan melakukan pelebaran jalan di kawasan Batam Center dengan menggunakan anggaran tahun 2016.

"Kita mulai dari Simpang Gelael ini, akan kita lebarkan semuanya. Biar tidak macet," kata Rudi saat meninjau jalan, Jumat (29/1/2016) sore.

Rudi menambahkan, perbaikan dan peningkatan infrastruktur menjadi prioritas utamanya. Selain pelebaran di kawasan Batam Center ini Pemko juga akan melakukan pelebaran jalan di kawasan Nagoya-Pelita, melanjutkan pelebaran yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.

Namun sayangnya Rudi belum mengetahui berapa anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan pelebaran jalan tersebut. "Untuk anggaran saya lupa, tanya ke PU ajalah kalau masalah itu," ujarnya.

Sementara itu Kadis PU Kota Batam, Yumasnur yang juga mendampingi, menjelaskan bahwa pelebaran jalan dari simpang BNI hingga bundaran Tuah Madani akan dilakukan bertahap dengan rata-rata lebar ROW 50 m.

“Kita akan buka ROW jalan. Rata-rata ROW yang ada 50 meter. Tapi sedang kita cek dan ke depannya kita amankan yang 50 meter ini dulu,” jelasnya.

Adanya variasi ROW di sepanjang jalan tersebut menurut Yumasnur cukup beragam dan tidak sama, untuk itu pihaknya masih pelakukan pengecekan dan pengukuran untuk mendapatkan ROW yang tepat.Selain itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemilik lahan yang bersinggungan dengan rencana pelebaran jalan tersebut.

Saat disinggung anggaran yang akan digelontorkan, Yumasnur juga belum bisa memastikan pasalnya saat ini sedang melakukan pengukuran tahap pertama. "Anggarannya nanti aja saya sampaikan karena ini masih diukur batas-batasnya," katanya.

Editor: Dardani