Atasi Banjir, Pemko Batam Kumpulkan Seluruh Pengembang Perumahan
Oleh : Ahmad Rohmadi
Kamis | 28-01-2016 | 13:31 WIB
diskusi-pemko-pengembang.jpg
Diskusi tentang pembangunan infrastruktur Kota Batam, Pemko Batam dengan pengembang perumahan.

BATAMTODAY.COM, Batam - Bencana banjir yang kerap melanda Kota Batam ketika hujan turun menjadi pekerjaan rumah Pemerintah Kota (Pemko) Batam yang akan dinahkodai oleh Wali Kota Batam terpilih, Rudi, dan wakilnya Amsakar Achmad kedepan.

Salah satu penyebab terjadi bencana banjir diantaranya adalah minimnya saluran air yang disetiap perumahan yang dikembangkan oleh pengembang perumahan yang ada di Batam, sehingga drainase yang ada tidak mampu menampung air hujan yang tinggi.

"Karena itu, hari ini seluruh pengembang kita undang untuk duduk bersama mengatasi masalah ini," kata Rudi saat diskusi tentang pembangunan infrastruktur Kota Batam bersama pengembang perumahan, Kamis (28/1/2016). Baca juga: Sering Tergenang Banjir, Jalan di Marina City Rusak Parah

Pada kesempatan itu, Rudi juga menegaskan bahwa kedepan seluruh pengembang yang akan mengembangkan lahan untuk dijualbelikan harus mempunyai persyaratan lengkap sebelum diajukan kepada Pemko Batam.

Pengembang juga diminta untuk mempersiapkan lahan fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos), agar kedepan tidak ada permasalahan yang dituntut oleh masyarakat ketika sudah membeli rumah tersebut.

"Kedepan nanti (usai dilantik)saya akan menegakan semua peraturan yang ada. Termasuk juga sertifikat juga menjadi hal yang wajib sebelum kami mengeluarkan izinnya nanti," katanya.

Kemudian, Rudi yang kini masih menjabat sebagai Waki Wali Kota Batam itu, juga menjamin bahwa nantinya tidak akan ada lagi pungutan liar yang dilakukan oleh oknum penjabat Pemko Batam untuk pengurusan perizinan.

"Maka itu saya minta, seluruh permohonan harus ditunjukan kepada Wali Kota sehingga saya tahu mana yang diproses dan tidak diproses oleh anak buah saya. Dan kalau ada pungutan di lapangan langsung sms saya ke 0811700711," tegasnya.

Editor: Dodo