Tahun Ini, Traffic Light di Batuaji dan Sagulung Tak Mati Lagi Saat Listrik Padam
Oleh : Harun al Rasyid
Rabu | 27-01-2016 | 15:44 WIB
traffic_light_2.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Setiap kali aliran listrik padam, beberapa traffic light Batam khususnya didaerah Batuaji dan Sagulung tidak berfungsi. Beberapa traffic light ini diketahui memakai sistem AC (Alternatif Current) dan tahun ini akan dibenahi menggunakan sistem DC (direct current), akan tetap hidup dalam beberapa jam sebab ia bisa menyimpan arus listrik. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Faisal Riza saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM mengatakan, akan diberlakukan sistem AC ke DC pada tahun 2016 ini. 

"Ada empat titik (traffic light, red) yang akan kita ganti menjadi sistem DC pada tahun ini," kata Faisal, Rabu (27/1/2016). 

Keempat titik traffic light tersebut yakni Simpang Sei Harapan Sekupang, Simpang Tobing Batuaji, Simpang Fanindo dan Simpang Tanjunguncang tepatnya di simpang Polsek Batuaji. 

Selama ini, sejumlah persimpangan lampu merah di beberapa titik Batuaji dan Sagulung yang tidak memakai sistem DC ini, menjadi sumber kemacetan. Selain macet, aksi main terobos pengguna lalu lintas kerap terjadi dan tak jarang menyebabkan kecelakaan lalu-lintas. 

Sementara itu, mengenai kapan tepatnya traffic light diubah dari sistem AC ke sistem DC, Faisal mengatakan belum mengetahui secara pasti. 

"Yang jelas itu sudah direncanakan dan kemungkinan proses lelang akan dilakukan pertengahan tahun ini sekitar bulan Juni," tuturnya. 

Dengan demikian, Faisal memprediksi penggunan sistem traffic itu akan dimulai sekitar bulan Oktober 2016. Sedangkan dana yang akan diambil dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sekitar Rp 5 miliar.

Rencana pengalihan sistem daya AC ke sistem DC pada traffic light itu disambut positif oleh Elisa Sibarani. Menurut warga Perumahan Taman Pesona Indah (TPI), Batuaji ini, dengan diubahnya sistem tersebut dapat memperlancar arus kendaraan di Batuaji dan sekitarnya. 

Sebab selama ini, setiap kali listrik padam, selalu saja kendaraan roda dua maupun roda empat saling mendahului dan menyebabkan kemacetan 

"Baguslah kalau begitu, biar aman kalau lewat di lampu merah. Biar tak macet terus dan arus kendaraan jadi lancar," ujar Elisa. 

Editor: Dodo