BC Batam 30 Kali Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkoba di Pelabuhan Batam Center
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 26-01-2016 | 14:44 WIB
kolombia.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelabuhan Internasional Batam Center sering dijadikan jalur masuknya narkotika ke Batam oleh para gembong narkoba. Terbukti, selama 2015, Bea dan Cukai Tipe B Batam berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba di Pelabuhan Batam Center sebanyak 30 kali.

Selain itu, terdapat dua penindakan yang dilakukan saat upaya penyelundupan dilakukan di Bandara Hang Nadim. Pelaku mencoba membawa narkotika keluar Batam.

"Ada 32 penindakan yang kita lakukan dalam menggagalkan upaya penyelundupan narkoba. 30 diantaranya kita tindak di Pelabuhan Intrnasional Batam Center," ungkap Kepala BC Tipe B Batam, Nugroho Wahyu Widodo, Selasa (26/1/2016).

Dijelaskan Nugroho, penindakan yang dilakukan terkait Narkotika, Psikotropika dan Prekursor (NPP), pihaknya berhasil mengamankan 12.549 gram narkoba jenis sabu, dan ditambah Erimin Five serta ekstasi.

Selain itu, narkotika tersebut dibawa pelaku dari Malaysia yang diselundupkan ke Indonesia melalui Batam. "Jalur penyelundupan itu, 27 kasus upaya penyelundupan dari Malaysia ke Bata, dan tiga kejadian dengan jalur Batam menuju Surabaya," jelasnya.

Keberhasilan itu tambah Nugroho, kita lakukan dengan pengaman berlapis. Bahkan saat kapal akan berangkat dari Malaysia, petugas kapal harus mengirimkan data manifest penumpangnya ke Imigrasi.

"Dari sanalah kita bisa memeriksa siapa yang dicurigai. Kemudian dilanjutkan dengan pengecekan X-Ray, dan memeriksa tubuh mereka yang kita curigai menggunakan alat pendeteksi tubuh. Jika ada narkoba di tubuhnya, alat ini akan memberitahu. Bahkan orang yang baru saja mengonsumsi narkoba dapat kita ketahui, meski tidak menyimpan narkoba di tubuhnya," tambah Nugroho.

Untuk semua penindakan itu, telah diserahterimakan kepada pihak terkait yaitu Kepolisian Daerah Kepulauan Riau atau BNN Provinsi Kepulauan Riau untuk ditindaklanjuti.

Editor: Dodo