Banyak Pungli, Wakil Wali Kota 'Semprot' Kabid Teknis dan Sarana Dishub Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 22-01-2016 | 11:22 WIB
rudi-kir-dishub.jpg
Wakil Wali Kota Rudi berdialog dengan seorang pengendara yang melakukan uji kir kendaraan di Dishub Batam. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Bidang (Kabid) Teknis dan Sarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Pom Insani, tidak bisa mengelak lagi saat ditemukan ada pungutan liar (pungli) pada pengujian kendaraan bermotor (Uji Kir) di Dishub.

Pom Insani, selaku yang penanggung jawab pada bagian Uji Kir pun hanya terdiam saat 'disemprot' Wakil Wali Kota Batam, Rudi yang melakukan inpeksi mendadak (sidak) bersama Inpekstorat dan Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD).

"Ini titipan dari mana, emang bisa pakai nitip seperti ini?. Kedepan saya tidak mau ada yang seperti ini," kata Rudi saat meninjau langsung proses Uji Kir, Jumat (22/1/2015).

Rudi juga menjelaskan bawah salah satu tujuannya melakukan sidak adalah ingin melihat langsung proses Uji Kir kendaraan di Dishub Kota Batam, pasalnya selama ini banyak laporan masyarakat kalau ada pungli dilakukan oleh oknum Dishub.

Faktanya, Rudi pun mengakui bahwa ada beberapa pungli di dinas yang dikepalai oleh Zulhendri tersebut. Kemudian proses yang dilakukan menurutnya juga terkesan hanya formalitas tanpa dicek sepenuhnya.

"Karena itu, ini akan saya bersihkan semua. Saya tidak mau lagi melihat ada  pengutan retribusi di luar ketentuan dan kendaraan yang tidak layak jangan dikeluarkan lagi izinnya," tegas Wali Kota Batam terpilih itu.

Rudi pun mengancam akan menindak tegas para anak buahnya itu jika masih melakukan pungli. Karena itu ia memperintahkan Inspektorat dan BKD untuk melakukan pengawasan penuh di Dishub Batam.

Editor: Dodo