Siang Bolong, Jambret ABG Nekat Beraksi di Batuaji
Oleh : Harun Al Rasyid
Senin | 11-01-2016 | 17:37 WIB
ilustrasi-jambret.jpg
Ilustrasi 

BATAMTODAY.COM, Batam - Aksi penjahat jalanan seperti jambret memang tak memandang waktu dan lokasi. Meski siang hari bolong dan di tempat keramaian, pelaku nekat melancarkan aksinya. 


Kali ini, yang mengalami nasib naas adalah Ernita (37), warga yang tinggal di Aviari Seken, Blok A Nomor 12 Batuaji Batam. Sekitar pukul 12.30 WIB ia dijambret di Jalan Letjen Suprapto, tepatnya di depan Planet Futsal, Batuaji, Senin (11/1/2016). Padahal tempat tersebut terbilang ramai lalu lalang pengendara maupun warga sekitar. 

Kejadian ini berawal saat korban baru mengantarkan anaknya yang bersekolah di SD di Kavling Baru. Ketika melintas di depan Planet Futsal, sepeda motor Yamaha Mio yang dikendarainya dipepet pelaku yang menggunakan sepeda motor Satria FU. Pelaku langsung merampas dompet yang diletakan didasbor kemudian melarikan diri. 

"Pertama diklakson, jadi ngerem pelan-pelan. Malah tas saya dirampas dari samping, langsung kabur," kata Ernita ketika melapor ke Polsek Batuaji. 

Ernita menyebutkan, ciri-ciri pelaku berbadan kecil dengan warna kulit gelap dan berumuran anak baru gede (ABG). Saat merampas tasnya, pelaku berjumlah dua orang itu juga tidak memakai helm. 

"Saya tandai wajahnya, kalau jumpa orangnya, saya kenal. Mereka gak pake helm tadi," ujarnya. 

Pelaku berhasil membawa kabur dompet korban yang berisikan uang tunai Rp500 ribu rupiah, satu unit hanphone merek Sony Eksperia, KTP, STNK, ATM Bank BRI dan jika ditotalkan setara Rp2.5 juta. 

Akibat kejadian tersebut juga, korban mengalami luka lecet pada tangan kiri karena terjatuh saat dompetnya dirampas pelaku. "Pas dirampas saya kaget, gak bisa kendalikan motor makanya jatuh. Tadi ada yang bantu ngejar, tapi gak dapat," tuturnya. 

Ernita berharap, kejadian yang dialaminya tidak menimpa kepada orang lain dan berharap pihak polisi segera menangkap pelaku. Kemudian barang-barang yang dibawa kabur bisa dikembalikan. "Mudah-mudahan segera ketangkap pelakunya," harapnya. 

Sementara itu, Kanit Reskrim Polsek Batuaji Iptu M Said membenarkan kejadian itu. Pihaknya telah menerima laporan korban dan masih meminta keterangan korban. Dia mengimbau kepada masyarakat supaya tidak lengah saat berkendara apalagi menaruh barang berharga di dasbor motor. 

"Masih kita dalami dulu. Masyarakat dihimbau supaya hati-hati dan jangan menaruh barang yang menarik pelaku kriminal," ujar Said. 

Editor: Dardani