Pedagang Kaki Lima Jembatan Barelang Tambahkan Stok Dagangannya
Oleh : Harun al Rasyid
Kamis | 31-12-2015 | 15:52 WIB
IMG_20151231_120956.jpg
Pedagang sudah mempersiapkan barang dagangannya menjelang perayaan Tahun Baru (Foto : Harun al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jelang perayaan pergantian tahun, beberapa pedagang di Jembatan Barelang menambah jumlah barang dagangannya. Jenis barang dagangan yang sengaja dilipat-gandakan jumlahnya adalah jagung dan kelapa muda.

Para pedagang ini memprediksi, arus pengunjung bakal melonjak dan akan berimbas pada omset penjualan mereka, seperti yang katakan Erika Mutiona (20) salah satu pedagang jagung bakar di Jembata I Barelang. Jika biasanya ia menjual 50 buah jagung bakar, kini dirinya menyiapkan 100 hingga 200 buah jagung.

"Kebanyakan jagung yang kita tambahkan jumlahnya. Soalnya orang-orang yang kesini paling banyak mesan jagung bakar," kata Erika.

Selain jagung bakar, beberapa barang dagangan lainnya juga ia siapkan untuk stok, seperti kelapa muda, mi instan dan minuman kaleng.

Begitu juga Muhammad Basir, salah satu pedagang kaki lima di Jembatan I. Dirinya sudah menyiapkan 2 karung jagung muda, untuk mengantisipasi kehabisan stok jagung bakar. Persiapan tersebut malah sudah ia rencanakan sebelum perayaan Natal lalu.

"Dari kemarin kita udah siapkan lebih. Hari normal bisanya 40 sampai 50 jagung, sekarang sampai dua karung kita siapkan," katanya sambil menunjukkan karung jagung tersebut.

Muhammad juga menambahkan, ia tetap memilih menu yang biasa dijual pada hari-hari normal. Seperti gorengan, seafood, dan makanan ringan lainnya.

Sementara itu, beberapa pedagang asongan keliling juga menyediakan stok lebih. Para pedagang ini biasanya menitipkan stok barang di rumah mereka yang berada dipinggir jalan jembatan.

"Sudah belanja dari kemarin-kemarin. Kalau rame nanti gak sempat belanja ke luar, apalagi nanti macet," kata salah satu pedagang asongan yang tak mau namanya dituliskan itu.

Pantauan BATAMTODAY.COM, kios-kios pinggir jalan Jembatan I dan II masih sepi dari pengunjung. Kendati demikian, diprediksikan pada malam pergantian tahun, para pengunjung akan berbondong-bondong memadati jembatan yang menjadi ikon kota Batam ini.


Editor : Udin