Selain Amankan Remaja Berkeliaran, Polisi Amankan 4 Kawanan Curanmor
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 29-12-2015 | 13:50 WIB
curanmor-cipkon-barelang.jpg
Tiga dari empat kawanan pelaku curanmor yang digaruk anggota Polresta Barelang. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Diantara puluhan remaja yang diamankan Satuan Sabhara Polresta Barelang dalam Operasi Cipta Kondisi, Selasa (29/12/2015) dini hari, empat orang merupakan pelaku pencurian sepeda motor (curanmor). Keempatnya adalah Ik (20), Im (22), Ib (22) dan Su (21).

Saat ekspose di Mapolresta Barelang, Selasa (29/12/2015) siang, keempat remaja tersebut didudukkan secara terpisah dengan remaja lainnya yang turut diamankan karena masih berkeliaran di malam hari serta menenggak minuman keras.


Kapolresta Barelang, Komisaris Besar Asep Safrudin, mengatakan, pengakuan awal dari bocah pencuri tersebut, mereka kerap beraksi di kawasan Batuaji dan di kawasan Jodoh. Sepeda motor yang dicuri tersebut, dijual dan hasilnya digunakan untuk bersenang-senang.

"Berbeda dengan para remaja yang diamankan di warnet dan nongkrong sambil menenggak minuman keras, keempat pencuri tersebut saat ini diproses Sat Reskrim Polresta Barelang untuk pengembangan lebih lanjut. Mereka dijerat pasal 363 KUHP, dengan ancaman 7 penjara," kata Asep, Selasa siang.

Sementara salah satu pelaku, Ik, sepeda motor yang ia curi dijual pada temannya yang hingga kini belum ditangkap. Namun aksinya tersebut terbongkar bukan saat melakukan pencurian, tapi saat ia tengah duduk menenggak minuman keras bersama rekannya.

"Saya lagi duduk-duduk dengan kawan-kawan, dan polisi datang memeriksa kami. Kebetulan saya memang sedang membawa kunci T. Motor yang saya curi langsung saya bawa ke rumah teman untuk dijual," terangnya.

Penangkapan Ik merupakan pengembangan yang dilakukan setelah rekannya, Su dibekuk lebih dulu. Dia kemudian mengatakan siapa saja rekan-rekannya saat melakukan pencurian.

Sementara pelaku lainnya, Im, remaja yang bekerja di galangan kapal tersebut mengaku baru sekali melakukan pencurian. "Saya hanya ikut-ikut saja, dan bukan saya yang langsung mengambil. Saya hanya membawa motor," pungkasnya.

Editor: Dodo