Cuaca Buruk dan Angin Utara Penyebab Tabrakan Kapal Feri Sindo Ekspres
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 24-12-2015 | 15:37 WIB
IMG_20151224_112147.jpg
Kepala Pos Syahbandar Wilayah Sekupang, Sularno(Foto : Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dugaan sementara, tabrakan Kapal Fery MV Sindo Empres GT 190 dengan Kapal Kargo MV Heng Star berbendera Indonesia dengan GT 1491 itu, akibat cuaca buruk dan angin utara.

Kepala Pos Syahbandar Wilayah Sekupang, Sularno mengatakan kapal yang mengangkut 74 penumpang itu memiliki dokumen lengkap dan Surat Izin Berlayar (SIB).

"Kalau memang tidak diizinkan berlayar, pasti dukumen kapal sudah ditahan oleh otoritas Singapura. Memang sekarang cuaca buruk," ujar Sularno kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (24/12/2015) diruangannya.

Bahkan katanya lagi, pelayaran di pelabuhan Ferry Internasional pada jam malam tetap diizinkan, selagi cuaca memungkinkan untuk berlayar.

"Kita proses sesuai pelanggaran yang ada," ujarnya.

Saat ini, pihaknya sudah menahan dokumen kapal MV Sindo Empres GT 190 yang dinakodai Bahar Arisian dengan Anak Buah Kapal ABK) sebanyak 6 orang. Begitu juga dengan kapal kargo MV Heng Star berbendera Indonesia dengan GT 1491 yang dinakhodai Gabriel Gole Hoda dengan tujuan Surabaya itu.

"Kita tetap proses, semua dokumen kita tahan sampai proses penyelidikan selesai. Sekarang kapal kargo berada di Pulau Seraya," pungkasnya.


Editor : Udin