Waduh, Dua Residivis Ini Sempat 'Gondol' Mesin ATM
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 21-12-2015 | 14:50 WIB
IMG_20151221_125716.jpg
Sambil menunjukkan salam dua jari, kedua pelaku spesialis pembobol rumah dan Ruko ini juga sempat membawa mesin ATM Bank Mandiri di Batam Center (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak puas membobol rumah dan ruko kosong, serta menguasai harta benda milik korban, kedua pelaku berinisial HR (33) dan ZL (32) ini juga nekat membawa mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri di Batam Center. 

"Dalam pemeriksaannya, kedua pelaku mengakui pernah merusak dan hendak membawa mesin ATM Bank Mandiri di Batam Center beberapa hari lalu," kata Kapolresta Barelang, Kombes Asep Safrudin.

Namun aksi itu terbilang nekad, lantaran kedua pelaku beraksi saat jam sibuk atau siang hari, sehingga aksi itu diperkogi warga setempat. "Mesin ATMnya sudah dilas, tinggal diangkat saja. Tapi kepergok warga dan pelaku langsung kabur," ujarnya.

Dalam pengakuan pelaku HR, mereka membawa mesin ATM itu lantaran tidak puas dengan hasil membobol rumah dan ruko kosong. Sehingga muncul niat membawa mesin ATM. "Kalau membobol rumah, hanya membawa barang elektronik dan barang berharga. Sehingga tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku HR dan ZL dikenakan pasal 363 KUHP pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. "Tapi kita masih mendalami pelaku ini, terkait banyaknya pembobolan dan komplotan lainnya," pungkasnya

Editor: Udin