Penukaran Pecahan Uang Kecil Jelang Natal Bisa di Bank Umum
Oleh : Roni Ginting
Senin | 21-12-2015 | 13:43 WIB
Bank Indonesia Batam.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Penukaran uang pecahan kecil menjelang Hari Natal dan Tahun Baru dapat dilakukan di bank-bank umum terdekat.

"Penukaran uang kecil tidak hanya di BI, tapi di bank-bank umum juga bisa sekarang ini," kata Victor Herbowo, Manager Unit Komunikasi dan Koordinasi Kebijakan BI Kepri, Senin (21/12/2015).

Ia menjelaskan, untuk Natal tidak ada penambahan uang pecahan karena biasanya permintaan pecahan uang kecil tidak terlalu signifikan dibanding hari normal. "Untuk Natalan normal saja, tidak seperti saat Lebaran," ujar Victor.

Berita sebelumnya, Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) Kepri bekerja sama dengan 29 bank umum (konvensional) se-Kepri membuka layanan penukaran uang rupiah pecahan kecil di bank umum yang ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) Kerjasama Penukaran Uang Rupiah Pecahan Kecil antara BI Kepri dengan Bank Umum di kantor BI Kepri, Senin (15/6/2015) lalu.

Dengan kerjasama tersebut, penukaran uang rupiah pecahan besar ke pecahan kecil tak perlu lagi harus ke BI, tapi juga dapat dilakukan di bank umum yang ikut meneken kesepakatan. 

“Bukan hanya tugas kami di BI, tapi tugas kita semua di perbankan agar bisa melayani masyarakat dengan baik,” ujar Gusti Raizal Eka Putra, Kepala BI Perwakilan Kepri.

‎Ke depan, sambung Gusti, penukaran uang kartal tak hanya di BI, melainkan juga dapat dilakukan di 29 bank umum yang ikut bekerja sama. Kesepakatan itu bukan hanya bersifat sementara, namun akan berlaku kontinyu ke depan.

Editor: Dodo