Waspada, 60 Persen dari 524 Penderita HIV-AIDS di Batam Usia Produktif
Oleh : Ahmad Rohmadi
Rabu | 16-12-2015 | 15:27 WIB
hiv.gif

BATAMTODAY.COM, Batam - Penderita HIV (Human Immunodeficiency Virus)/AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) di Kota Batam tercatat sebanyak 524 orang dan 60 persennya masih dalam usia produktif.


Demikian ungkap Kepala Sekretariat  Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Batam Pieter P Pureklolong. Data tersebut cenderung terus bertambah. 
 
"Didominasi sekitar usia 15 sampai 45 tahun dan itukan usia produktif, hampir 60 persen," kata Pieter di Dataran Engku Putri, Rabu (16/12/2015). 

Ia menjelaskan, peningkatan angka setiap tahunnya ini, karena mengingat kesadaaran masyarakat untuk memeriksakan diri juga meningkat.

Pieter juga meminta kepada masyarakat untuk tidak mendiskriminasi Orang Dengan HIV/AIDS (Odha). Virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh ini dipastikan tidak menular meski dalam keseharian sering bergaul dengan penderita.
 
Ada beberapa  cara penyebaran penyakit mematikan itu, seperti lewat cairan darah berupa transfusi darah, pemakaian jarum suntik secara bergantian, melalui seks bebas atau lewat air susu ibu.

"Dengan demikian, mereka harus didukung dan diberi pemahaman agar tidak menularkan kepada orang lain," katanya. 

Editor: Dardani