Sopir Tangki Pertamina Tongkang Mogok Lagi
Oleh : Hadli
Senin | 14-12-2015 | 14:54 WIB
mogok-pertamina-tongkang.jpg
Awak Mobil Tangki Pertamina Tongkang di Kabil saat menggelar mogok kerja. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Akibat tidak adanya penjelasan lebih lanjut dari pihak Pertamina Tongkang Kabil, Batam, para Awak Mobil Tangki (AMT) anak perusahaan BUMN ini kembali menggelar mogok lanjutan.

"Hari ini kami terpaksa mogok lagi karena hak-hak kami belum juga dipenuhi. Seharusnya sudah permanen, karena sudah lama kerja," kata koordinator aksi, Januarisman, Senin (14/12/2015). 

Sejumlah sopir mobil tangki ini mogok dengan tidak mengantar minyak ke SPBU dan perusahaan/industri sejak pagi tadi pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB di areal pengisian BBM Pertamina Tongkang, Kabil. 

"Belum ada kejelasan dari manajemen tentang pemotongan uang jasa dan hak-hak kami lainnya. Sementara kami masih bertahan untuk melakukan ujukrasa sampai ada kejelasan," kata dia.

Selain status kerja tidak jelas, pekerja juga menuntut penghapusan sistem NKM (Nilai Kerja Minimum), SIOD, Bonus, pengembalian pemotongan bonus Rp 1.180.000 dari tahun 2011 sampai sekarang, kelebihan jam kerja, THR, tunjangan daerah, dan cuti. 

"Kami menuntut sistem MKM harus dihapus. Transparansi sistem SIOD, pemberian bonus disamakan, kelebihan kerja dihitung lembur sesuai aturan ketenagakerjaan (Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003)," kata Januar. 

Diberitakan sebelumnya, aksi yang sama dilakukan puluhan AMT. Saat itu   perundingan yang sudah dilakukan antara kedua belah pihak yang dimediasi Dinas Tenaga Kerja (Disnker) Kota Batam belum juga direalisasikan pihak Pertamina. 

Pihak Disnaker Kota Batam usai rapat menyatakan, pihaknya masih mengumpulkan data dari manajemen dan pekerja untuk dipelajari sehingga bisa mengetahui permasalahan yang sebenarnya.


Mogok yang dilakukan puluhan sopir tanki belum menghambat pendistribusian BBM. Hingga Senin sore belum ada SPBU yang kehabisan stok bahan bakar.

Editor: Dodo