Bandara Hang Nadim Mulai Batasi Penambahan Frekuensi Penerbangan di Jam Padat
Oleh : Hadli
Senin | 14-12-2015 | 13:42 WIB
suwarso_bandara.jpg
Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, saat ini frekuensi penerbangan pada waktu tertentu telah padat. Untuk mengindari hal yang tidak diinginkan, pihaknya membatasi penambahan jadwal penerbangan.

"Pembatasan (golden time,red) sudah kami lakukan. Jadi slot time akan kita sebar sehingga tidak bertumpuk pada jam-jam tertentu," kata dia, Senin (14/12/2015). 

Kepadatan penerbangan saat ini di Hang Nadim Batam terjadi sejak pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Pada jadwal kepadatan selisih satu penerbangan dengan penerbangan lain sangat tipis. Sehingga penerbangan pada waktu tersebut sudah tidak memungkinkan untuk ditambah. 

"Jadi kami dorong agar penerbangan-penerbangan baru menggunakan slot pada mulai pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB dan slot malam di atas pukul 18.00 WIB sampai dengan 07.00 WIB pagi," jelas dia. 

Bandara Hang Nadim Batam sudah melayani penerbangan 24 jam sejak 2014 lalu. Namun untuk penerbangan malam, jumlahnya masih sangat sedikit dibanding penerbangan pada siang hari.

"Pada pukul 18.00 WIB sampai 21.00 WIB sudah ada sejumlah maskapai yang beroperasi, sehingga tidak ada masalah jika ada maskapai yang terbang malam hari ataupun dini hari," tuturnya. 

Editor: Dodo