Calo Banderol Rp 500 Ribu Tiket KM Kelud ke Medan
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 14-12-2015 | 12:59 WIB
loket-pelni-sekupang.jpg
Antrean warga di loket Pelni Cabang Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiket transportasi melalui jalur laut KM Kelud memang sudah habis terjual di PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Batam, dengan tujuan Belawan, Medan menjelang Natal yang jatuh pada 25 Desember mendatang.

Namun, tiket itu masih beredar dan dijual oleh para calo tiket yang berada di area kantor Pelni, Sekupang. Sementara di loket Pelni saat masyarakat hendak membeli tiket sudah tidak dijual lagi, baik dengan ataupun tanpa tempat duduk.

Hal ini membuat para calon penumpang kesal. Erwin, warga Batuaji salah satu calon penumpang mengaku kecewa dengan sikap Pelni, lantaran tidak adanya tiket yang tersedia pada 19 dan 22 Desember. Hal itu diduga Pelni Batam bekerjasama dengan calo tiket.

"Masak di kantor cabang sudah habis. Tapi di calo tiket di luar masih banyak dijual," kata Erwin, Senin (14/12/2015).

Namun saat para calon penumpang itu keluar dari loket Pelni Batam. Calo tiket yang duduk di luar area Pelni langsung menghampiri dan menawarkan tiket. "Mau tiket tanggal berapa abang? Tanggal 19 atau 22," tanya calo tiket kepada calon penumpang.

Namun alangkah kagetnya calon penumpang tersebut, saat mendengar harga yang ditawarkan satu tiket non seat sebesar Rp 500 ribu.

"Hah .. tiket non seat Rp 500 ribu. Tak usah lah abang, mahal sekali. Hampir 2 kali lipat dengan harga normal," kata calon penumpang ini.

Menurut salah satu calo tiket yang enggan disebutkan namanya, momen-momen besar ini menjadi 'misi balas dendam; kepada calon penumpang. "D ihari normal ditanya masyarakat main nyelonong aja ke dalam loket. Ya, sekarang waktu yang tepat buat balas dendam. Sekarang bukan kita yang nyari penumpang tapi mereka yang nyari kami," katanya.

Disinggung tiket yang dijual tersebut, memang dibeli dari PT Pelni cabang Batam dengan nama yang berbeda. Lantas bagaimanakah calon penumpang yang tidak sesuai identitas naik ke KM Kelud?

"Ya, jalurnya kan banyak di Pelabuhan Beton itu. Sudah saya ajarkan para penumpang untuk masuk lewat jalur tikus," tuturnya.

Sementara itu Kepala Pelni Cabang Batam, Abdullah N Tue, belum membalas konfirmasi yang dilayangkan terkait hal ini.

Editor: Dodo