Jumlah Kematian Meningkat Tapi Lahan Kuburan Malah Kritis di Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 12-12-2015 | 08:00 WIB
zaman.jpg
Kepala Dinas Sosial Dan Pemakaman,Kota Batam, Kamarulzaman  (foto : ist)

BATAMTODAY,COM, Batam - Jumlah kematian setiap tahun semakin meningkat  hingga mencapai 5-10 orang perhari. Akibatnya, Pemerintah dipaksa untuk segera menambah dan mencari lahan perkuburan yang baru.

Kepala Dinas Sosial Dan Pemakaman Kota Batam, Kamarulzaman mengungkapkan, saat ini lahan pemakaman yang ada di Kota Batam mulai kritis.

"Tidak ada lagi pemakaman yang tersedia, lahan mesti ditambah. Itu telah kami bahas dan akan merekomendasikannya kepada Pemerintah," katanya kepada BATAMTODAY.COM, Jum'at.(11/12/2015) diruangannya.

Dari data yang didapat, jumlah kematian penduduk di Kota Batam mencapai 5-10 orang perharinya. Jumlah ini dibanding tahun lalu mengalami kenaikan. Sehingga dibutuhkan penambahan lahan pemakaman.

Nantinya kata Kamarulzaman lagi, lahan pemakaman ini akan dibicarakan langsung dengan BP Batam untuk mencari atau membebaskan beberapa lahan.

"Kami telah mengevaluasi, 2016 nanti sudah tak ada lagi lahan pemakaman. Sebab itu harus bersama mencari solusi tersebut. Tentu saja melibatkan pihak terkait," ujarnya.

Dia mencontohkan di Kecamatan Belakangpadang yang saat ini lahan pemakaman di bekas Pusat Pemerintahan Batam itu, sudah tidak ada lagi. Namun itu telah dibicarakan dengan Camat dan tokoh masyarakat setempat. "Mereka telah sepakat untuk mencari pulau yang kosong. Tapi, harus menunggu instruksi Pemerintah terkait," pungkasnya.

Editor : Udin