Panwaslu Batam Siapkan 1.700 Personel Awasi Pilkada Besok
Oleh : Gokli Nainggolan
Selasa | 08-12-2015 | 13:22 WIB
suryadi-prabu-baru.jpg
Ketua Panwaslu Batam, Suryadi Prabu . (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) menyiapkan sekitar 1.700 personel untuk mengawasi pelaksanan Pilkada di Kota Batam. Mereka akan disebar di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS), khususnya yang rawan terjadi kecurangan.


Ketua Panwaslu Batam, Suryadi Prabu menjelaskan, setiap TPS akan ditempatkan satu orang pengawas dari Panwaslu. Para pengawas itu, kata dia, memiliki wewenang mengawasi peserta pemilih dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Pengawas yang ditempatkan di TPS itu berhak melaporkan segala bentuk kecurangan ke tinggat yang lebih tinggi dari Panwascam," kata dia, Selasa (8/12/2015) siang.

Khusus untuk TPS yang tergolong rawan terjadi kecurangan seperti di Kecamatan Batam Kota, Kecamatan Sagulung dan Kecamatan Seibeduk, sambung Suryadi Prabu, akan dilakukan pengawasan ekstra. TPS yang masuk daftar rawan pelanggaran akan diawasi minimal tiga petugas.

"TPS yang masuk daftar rawan terjadi kecurangan akan kita lakukan pengawasan ekstra. Bila perlu petugas Panwaslu akan turun langsung ke TPS itu melakukan pengawasan," katanya.

Panwaslu, kata Suryadi Prabu, berharap pelaksaan Pilkada serentak yang akan berlangsung besok bisa berjalan aman dan lancar. Untuk itu, para pengawas yang berjaga di TPS diharapkan bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Adapun indikasi pelanggara yang menjadi sorotan Panwaslu Batam, seperti pengerahan massa oleh Timses Paslon, money politik, kode etik pelaksana pemungutan suara, dan lainnya. Tak hanya pelanggaran di TPS, temuan-temuan di luar TPS juga menjadi perhatian Panwaslu.

"Baik temuan ataupun laporan soal pelanggaran Pemilu akan kami (Panwaslu) proses," ujarnya.

Editor: Dardani