Pengesahan APBD 2016 Kota Batam Terancam Molor
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 27-11-2015 | 12:29 WIB
DPRD_Batam....jpg
Gedung DPRD Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam 2016 terancam molor untuk disahkan. Pasalnya sampai akhir November 2015, Kebijakan Umum (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tak kunjung disepakati antara Pemerintah Kota dan DPRD Batam.

Anggota Badan Anggaran (Banggar), Sallon Simatupang menjelaskan, sampai hari ini juga belum ada tanda-tanda untuk kesepakatan bersama, setelah sebelumnya dua kali rapat paripurna penandatangan nota kesepahaman KUA-PPAS APBD 2016 mengalami penundaan.

"Belum ada kesepakatan, masih dibahas," kata Sallon, Jumat (27/11/2015).

Akibatnya, Dana Insentif Daerah (DID) dari pemerintah pusat sekitar Rp 25 miliar, menurutnya juga terancam tidak akan diberikan jika sampai awal tahun 2016, APBD tidak disahkan.

Rapat Paripurna penanandatangan KUA-PPAS APBD tahun anggaran 2016 sendiri sudah dua kali mengalami perpanjangan waktu dari jadwal yang seharunya beberapa pekan lalu.

Pemko dan DPRD Batam kini hanya mempunyai waktu satu bulan untuk menyelesaikan dan mengesahkan APBD Kota Batam tahun 2016, karena pekan depan sudah masuk bulan Desember.

Editor: Dodo