Kapal Isap Pasir 'Pusaka' Geser ke Pulau Buluh Sagulung
Oleh : Hadli
Sabtu | 21-11-2015 | 13:30 WIB
IMG-20151113-00015.jpg
Inilah kapal isap pasir saat beroperasi di Jembatan I Barelang Batam. (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal isap pasir laut yang sempat beroperasi di sekitar Jembatan I Barelang, diduga saat ini tengah berada di depan perairan Pulau Buluh, Sagulung, Batam.


Informasi yang dihimpun BATAMTODAYA.COM di lapangan, kapal dengan nomor lambung Pusaka berbendera Indonesia yang diawaki oleh puluhan pekerja asing itu, kini tengah melakukan uji coba pengisapan pasir dengan waktu satu bulan. 

"Waktu kita datangi malam itu di Barelang, kita menyangka kapal menuju ke Bangka Belitung. Setelah ditelusuri dalam beberapa hari ini, ternyata kapal berada di depan Pulau Buluh, Sagulung," ungkap warga pulau, Jumat (20/11/2015) petang.

Aktivitas kapal penyedot pasir itu, saat ini sudah tidak lagi mendapat protes dari nelayan yang sebelumnya mengaku resah atas kerusakan ekosistem laut. Disinyalir tidak hanya aparat, warga juga telah menerima konpensasi. 

"Nelayan sudah mendapatkan dana konpensasi. Jadi tidak ribut lagi. Paling lama, kapal satu bulan aja melakukan uji coba," kata sumber kembali.

Menurut dia, kapal isap pasir laut itu masih melakukan uji coba setelah dilakukan perbaikan di galangan kapal wilayah Tanjunguncang (PT Karya Teknik Utama). Kerusakan dalam uji coba dikatakannya masih menjadi tanggung jawab perusahaan.


Editor: Dardani