Awas, Ini Modus Penipuan Toko Surya Abadi Healthy Top 100 Tembesi
Oleh : Harun Al Rasyid
Jum'at | 20-11-2015 | 15:09 WIB
IMG_20151120_104601.jpg
Ini salah seorang korban penipuan Toko SAH. (Foto: Harun Al Rasyid)

BATAMTODAY.COM, Batam - Modus penipuan berkedok diskon, promo dan voucer undian liburan ke tempat wisata terulang kembali. Kali ini, diduga pelakunya adalah pemilik Toko Surya Abadi Healthy (SAH) yang berada di lantai 1 Top 100, Tembesi, Sagulung Batam.


Modusnya dengan cara membagi-bagikan voucer kepada para pengunjung yang lewat. Dengan alasan, Toko SAH baru buka dan sedang memberikan bonus serta hadiah menarik. Hadiah yang disuguhkan pun tak tanggung-tanggung. Mulai potongan harga Rp1 juta, bonus liburan ke Bali dengan menggunakan pesawat Garuda hingga memberikan cash back sebesar Rp10juta hingga Rp 25 juta. 

Beragam bonus menarik ini membuat beberapa pelanggan Toko SAH terlena. Salah satunya Siti Nurjanna (19) yang tinggal di Rusun Jamsostek Mukakuning Batam, pada 11 Oktober 2015 lalu. Dari vocher yang diterimanya, ia mendapat uang sebesar Rp500 ribu. Tapi uang tersebut harus dibelanjakan di Toko SAH ini. 

"Saya dikasih voucer itu, terus digosok. Dapat 500 ribu tapi harus belanja barang di situ, kalo kurang saya harus nambah" katanya saat ditemui wartawan di Top 100 Jum'at (20/11/2015). 

Mineral pot (penyaringan air, red), dan bonus berupa neck massenger, (pijat leher) juga eye masseangger (kacamata) berhasil dibawa pulang. Ia juga dijanjikan akan wisata ke Bali. 

Selang beberapa jam setelah pembelian, Nurjannah langsung mendatangi Toko SAH tersebut. Ia baru sadar ditipu ketika mengetahui harga asli mineral pot penyaringan Rp1,5 juta. Padahal saat dijual seharga Rp4 juta 290 ribu. 

"Saya langsung balikin barang itu, pas tahu kalau dibohongi. Soalnya sudah banyak orang yang komplin ke sini bang," tambahnya.

"Banyak orang yang ditipu. Kemudian datang komplin sampai berantem mereka. Malah pemiliknya marah dan tidak mau balikin uang kami," katanya lagi. 

Hal yang sama dirasakan Rumandi Napitupulu (31) warga Perumahan Pluto Batuaji. Ia sudah membelikan HP seharga Rp1,6 juta dengan potongan Rp 1 juta. Hingga sekarang HP yang dijanjikan belum juga diberikan pihak Toko SAH. 

Korban dijanjikan akan diterbangkan ke Bali untuk berlibur selama 3 hari. Pelaku juga mengatakan akan membayar Rp10 juta jika tidak berangkat ke Bali. 

"Saya sudah bayar Rp600 ribu, tapi HP-nya tak dikasih. Dijanjiin pula ke Bali atau uang 10 juta. Ternyata dia sudah nipu banyak orang," katanya kesal. 

Informasi yang dihimpun BATAMTODAY.COM, toko tersebut sudah beroperasi sejak 3 bulan yang lalu. "Sudah lama bukanya itu bang. Dari kemarin-kemari banyak yang datang ngeluh. Bulan 12 ini kontraknya habis," ungkap Imron, salah satu penjual di sekitar Toko SAH.

Editor: Dardani