Peringati HUT Pertama, Bakamla RI Tanam Mangrove di Batam, Manado dan Ambon
Oleh : Hadli
Jum'at | 20-11-2015 | 14:12 WIB
mangrove-bakamla.jpg
Penanaman bibit mangrove memperingati HUT pertama Bakamla RI di Teluk Mata Ikan, Nongsa.

BATAMTODAY.COM, Batam - Keluarga besar Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI melakukan penanaman bibit mangrove di Teluk Mata Ikan, Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Jumat (20/11/2015) pagi pukul 10.00 WIB. 

"Hari ini secara bersamaan kami melakukan penanaman pada tiga zona (Batam, Manado dan Ambon) Tujuannya untuk melestarikan mangrove untuk menjaga ekosistim laut demi generasi mendatang," kata Franca Aebelona Malkan, istri Kepala Bakamla RI usai melakukan penanaman secara simbolis di Pantai Teluk Mata Ikan. 

Penanaman bibit mangrove dilakukan dalam rangka menyambut ulang tahun Bakamla RI yang pertama. Di Batam, sebanyak 500 batang bibit mangrove di semai di Kator Kamla Zona Matitim Bakamla RI, Teluk Mata Ikan. 

"Menjaga ekositem laut harus menjadi kepedulian kita bersama-sama. Kalau tidak ada kepedulian maka ekosistem pantai dan mangruve akan punah dikarenaan pengelolaan hutan mangrove yang buruk. Dampaknya akan terjadi abrasi," turur dia.

France berharap kegiatan ini dapat membangun kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga ekosistem pantai guna menjaga kelestarian alam. 

"Inilah yang perhatian khusus bagi Bakamla, bukan hanya melaksanakan tugas dan fungsi untuk patroli keamanan dan keselamatan laut melainkan melalui kantor Kamla Zona Maritim Barat Bakamla RI turut serta melakukan konservasi demi kepentingan bangsa khususnya biodt laut," katanya. 

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma TNI UK Agung mengatakan melalui kegiatan ini Bakamla RI ingin menunjukan kepedulian dan keiutsertaan dalam mendukung program pemerintah untuk peduli terhadap kelestrian mangrove. 

"Kami akan mendukung proram pemerintah sesuai arahan dari pusat. Kelestarian alam melalui mangrove sangat penting dalam menjaga biodata laut," ujarnya. 

Ia mengatakan, sebelumnya pada 1d November lalu kegiatan bersih - bersih disekitar pantai Teluk Mata Ikan telah dilakukan dengan menggandeng instasi terkait dan masyarakat sekitar.

Editor: Dodo