Soerya Dorong Pengembangan Industri Rumah Tangga
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 31-10-2015 | 11:05 WIB
soerya-irt.jpg
Soerya Respationo berdialog dengan ibu rumah tangga untuk pengembangan home industry agar bisa menopang ekonomi keluarga. (Foto: Istimewa)  

BATAMTODAY.COM, Batam - Selama ini, nasi tumpeng merupakan kuliner yang selalu hadir sebagai bentuk ungkapan rasa syukur. Siapa sangka, kalau ternyata banyak ibu rumah tangga yang mampu membuat nasi tumpeng tersebut dalam berbagai bentuk.

Untuk lebih mengeksplorasi kemampuan para ibu-ibu tersebut, Srikandi Komunitas Pilih Soerya Respationo (Kopi SoRe) menantang untuk membuat aneka kreasi nasi tumpeng. Berbagai dekorasi unik sengaja ditambahkan agar bisa mempercantik nasi tumpeng itu.

Melihat aneka kreasi ini, calon Gubernur Kepri Soerya Respationo pun terkagum-kagum dibuatnya. “Bagi ibu-ibu yang bikin tumpeng, saya lihat produknya tidak kalah seperti yang di restoran,” kata Soerya di Kepri Mall, Jumat (30/10/2015).

Maka dari itu, Ia kedepan berjanji untuk mendorong kreatifitas para ibu-ibu tersebut untuk berbicara lebih banyak lagi. Tidak hanya sekedar mengisi waktu, namun juga bisa menjadi industri rumah tangga yang dapat menambah penghasilan jika dipromosikan.

"Maka dari itu, saya berharap lebih banyak dan lebih sering diadakan kegiatan seperti ini," tambahnya.

Selain membuat nasi tumpeng, para srikandi Kopi SoRe juga menggelar lomba menggambar bagi anak-anak. Kegiatan ini juga dinilai positif bagi calon Gubernur nomor urut dua itu. Dengan kegiatan ini, Ia yakin bakat dari anak-anak ini dapat menyalurkan kreatifitasnya. "Anak-anak yang kreatif ini merupakan modal pembangunan bangsa di sama depan," paparnya.

Di tempat yang sama, para ibu menyambut baik kegiatan ini. Menurut mereka, perlombaan ini memacu mereka untuk menciptakan kreasi yang lebih banyak. "Syukur-syukur kami bisa mendapat relasi kenalan baru," kata Sukinah, salah seorang peserta.

Pemimpin kedepan, sambungnya, haruslah orang yang paham dan mengerti industri kecil dan menengah. Sebab, industri kecil inilah sudah terbukti handal dan penopang ekonomi. Dalam perlombaan ini, Soerya di temani anggota DPRD Kepri Widiastadi Nugraha.

Editor: Dodo