Dinsos Batam Bakal Tambah Sel untuk Penderita Gangguan Jiwa
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 27-10-2015 | 12:59 WIB
gangguan jiwa.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam berencana akan menambah sel untuk penderita gangguan kejiwaan mengingat saat ini satu sel itu diisi oleh dua orang.

Kepala Dinsos Kota Batam, Raa Kamarulzaman mengatakan ditampungnya dua penderita gangguan jiwa dalam satu sel itu dikarenakan ketersediaan ruangan atau sel yang memang terbatas.

"Tahun ini tidak ada anggaran untuk perbaikan amaupun penambahan sel Dinsos. Rencananya untuk tahun depan kita akan ajukan. Mengingat banyaknya penderita gangguan jiwa di Batam," ujar Kamarulzaman, Selasa (27/10/2015).

Kamarulzaman, mengatakan proses di selter Dinsos untuk penderita gangguan  jiwa terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan syaraf di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah Batuaji. Setelah itu, bagi penderita gangguan jiwa yang aktif atau yang mengganggu masyarakat dikurung dalam sel. Sementara yang tidak aktif, dibiarkan di lingkungan Dinsos.

"Yang aktif itu dimasukkan satu sel satu orang. Itu satu sel berdua karena mereka tidak aktif atau tidak mengganggu orang, dan itu masih bisa direhabilitasi di Batam," ujarnya.

Apabila gangguan mental tidak berubah selama di selter Dinsos khusus yang mengganggu orang, maka pihaknya akan mengirim penderita ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Pekanbaru. 

"Kita kirim ke RSJ itu maksimal 4 orang, itu akan diantar dan dikawal oleh pegawai Dinsos Batam sampai tempat tujuan," pungkasnya.

Editor: Dodo