Hari Ini, Asap Masih Mengepung Batam-Tanjungpinang
Oleh : Hadli
Senin | 26-10-2015 | 18:14 WIB
kabut-asap-wtb1_(1).jpg
Langit Kota Batam yang dikepung asap kiriman. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari ini, kabut asap kiriman masih menyelimuti Batam, Senin (26/10/2015). Meski demikian, kepungan asap hari ini belum menganggu pelayaran Batam-Tanjung Uban Bintan dan Batam-Tanjungpinang

"Hari ini pelayaran masih dibuka. Meski kabut asap, masih tertolong dengan sinar matahar, jarak pandang 1,5 sampai 2 mil," kata Syahbandar Pelabuhan Umum Telaga Punggur, Erwin Sjafrizal. 

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan ditengah laut akibat kabut asap, tambahnya, pihaknya menganjurkan operator dan kapten kapal mengurangi kecepatan serta menyalakan alat navigasi. 

"Tapi semua kami intruksikan tetap  menghidupkan alat navigasi. Supaya pelayaran tetap aman walaupun  secara umum jarak pandang masih terbatas," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan terus berkoordinasi dengan otoritas Pelabuhan Tanjunguban dan Tanjungpinang untuk mengambil keputusan bila ada gangguan di laut. 

Dalam beberapa hari terakhir, Syahbanar Telag Punggur Batam menghentian opersional pelayaran akibat kabut asap yang membatasi hingga jarak pandang dibawah 0,5 mil. 

Editor: Dardani