Polisi Tegaskan Kesiapan Pengamanan Pilkada
Oleh : Romi Chandra
Senin | 19-10-2015 | 17:28 WIB
kapolresta-asep-baru.jpg
Kapolresta Barelang, Komisaris Asep Safrudin.

BATAMTODAY.COM, Batam - Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang semakin dekat, pihak kepolisian sangat siap mengamankan untuk setiap kegiatannya.

"Pengamanan sudah kita lakukan untuk setiap kegiatan. Bahkan kepada masing-masing calon, Panwaslu dan KPU juga ditugaskan anggota untuk melakukan pengawalan. Intinya, kita sangat siap melakukan pengamanan pemilu," kata Kapolresta Barelang, Komisaris Asep Safrudin, Senin (19/10/2015).

Namun, lanjut Asep, kesiapan aparat kepolisian juga harus bersinergi dengan kesiapan semua pihak, baik masyarakat, intasni terkait serta masing-masing calon itu sendiri. "Jika semua siap dan bersinergi, tentu kesiapan kita dalam pengamanan juga lebih matang," lanjutnya.

Terkait pemerintah pusat yang menjadikan atensi pengamanan ketat saat Pilkada di Kepri dan Batam khusunya, karena rawan konflik, Asep menyebutkan nanti akan mendapat bantuan pesonil dari daerah lain.

"Nanti setelah dilakukan pengkajian, jika memang dianggap eskalasinya meningkat, pengamanan untuk Batam akan diback-up," lanjutnya.

Sementara terkait kisruh yang terjadi karena 52 ribu suara dihilangkan KPU Batam dan memancing konflik, Asep mengimbau agar KPU bisa melaksanakan tugas dengan akurat, tidak melakukan penyimpangan.

"Kondisi seprti ini yang nantinya akan memancing konflik. KPU harus bekerja secara akurat. Yang jelas, setiap tindakan yang melawan hukum, akan diproses esuai hukum yang berlaku. Panwaslu juga harus lebih meningkatkan pengawasannya agar tidak terjadi kecurangan," tambah Asep.

Unuk proses hukumnya sendiri, setiap pelanggaran dalam pemilu akan dikaji lebih dahulu dalam tim Gakkumdu.

Editor: Dodo