Waspada! Gorengan Campur Plastik Disinyalir Marak di Batam
Oleh : Hadli
Rabu | 14-10-2015 | 14:01 WIB
gorengan.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Anda gemar mengkonsumsi gorengan? Sebaiknya Anda tingkatkan kewaspadaan saat membelinya. 

Disinyalir saat ini banyak pedagang gorengan  yang menggunkan bahan plastik sebagai campuran gorengan tersebut. Tujuannya, agar gorengan tersebut rasanya renyah dan kriuk-kriuk. 

Namun tahukah anda, di balik kerenyahan dan kenikmatan gorengan itu ternyata menyimpan banyak fakta yang mengejutkan dan bisa membahayakan kesehatan kita.

Pedagang gorengan menggunkan bahan mengandung kimia ini untuk tetap menjaga agar kerenyahan pada makanan tersebut tetap terjaga walaupun gorengan itu sudah dalam waktu yang lama. 

Keberadaan gorengan berbahan plastik ini telah merambah di Batam diungkap seorang wali murid Sekolah Dasar (SD) di Kelurahan Belian Batam. 

Dalam penuturannya, saat menjemput anaknya pulang sekolah, ia menyaksikan langsung bahwa pedagang gorengan yang berada di luar sekolah mencampurkan bahan berbahaya itu ke dalam kuali. 

"Saat itu saya sedang menunggu di luar sekolah, saya lihat langsung pedagang itu memasukkan minyak makan beserta plastiknya ke dalam kuali gorengannya. Saya sungguh terkejut,"  kata Amin warga Bukit Raya Batam Center, Rabu (14/10/2015). 

Ia tidak menyangka pedagang gorengan yang berada tak jauh dari rumahnya itu berani mencampurkan plastik secara terang-terangan. Padahal saat itu banyak wali murid yang berada di luar sekolah menunggu anaknya. 

"Semenjak itu, saya langsung stop jajan sekolah anak saya. Saya bekali jajannya dari rumah. Dari pada anak saya menderita kemudian hari akibat makan gorengan itu," tuturnya kembali. 

Tidak hanya di sekolah SD itu, anaknya yang bersekolah di SD tak jauh dari Botania Garden Batam juga mendapat perlakukan yang sama. Karena gorengan yang juga berda diluar sekolah mencampurkan plastik.  

"Di sekolah itu juga ada pedagang gorengan yang mencampurkan plastik. Banyak yang sudah menyaksikannya, karena memang pegadang ini tidak segan - segan mamasukkan plastik didepan banyak orang," tuturnya.

Editor: Dardani