Kuota untuk Kepri 15 Orang, IPDN Buka Penerimaan Calon Praja
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 09-10-2015 | 11:12 WIB
praja ipdn inila.jpg
Ilustrasi praja IPDN. (Sumber foto: inilah.com)

‪BATAMTODAY.COM, Batam - Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) membuka pendaftaran seleksi calon praja yang bercita-cita ingin mengabdi pada negeri. Sesuai jadwal yang dikeluarkan Kemdagri pendaftaran dilakukan dalam jaringan (daring) atau online yaitu pada 5-12 Oktober melaui website spcp.ipdn.ac.id.

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Kepegawaian dan Diklat (Kabid Diklat BKD) Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan tahun 2015, Kemdagri membutuhkan tambahan 900 praja yang terbagi di 34 provinsi.

"Adapun kuota praja Provinsi Kepulauan Riau adalah 15 orang," kata Hendri Arulan, Jumat (9/10/2015).

‪Hendri menjelaskan pada seleksi administrasi ini, calon peserta wajib mengisi data pribadi, orangtua, dan sekolah dan dokumen yang harus diunggah antara lain scan pas foto, KTP atau KK bagi yang berusia di bawah 17 tahun, serta scan surat tanda tamat belajar.‬

‪Setelah mendaftar online, calon peserta akan mendapat nomor registrasi. Kemudian panitia di Kemdagri akan memverifikasi. Hasil verifikasi kelulusan administrasi akan diumumkan di web yang sama pada 14 Oktober.

‪"Peserta yang dinyatakan lulus akan diberi kartu tanda peserta seleksi calon praja IPDN. Kartu ini bisa dicetak langsung oleh peserta seleksi," katanya.

Kemudian,‪ seleksi selanjutnya yakni Tes Kompetensi Dasar (TKD) pada 17-20 Oktober, bertempat di BKD Provinsi Kepri di Dompak, Tanjungpinang dan hasil TKD akan diumumkan di website SPCP IPDN pada 21 Oktober.‬

‪Selah itu tes kesehatan fisik dan tes kesehatan organ dalam yang dilakukan di Kesrem pada 26 Oktober-1 November. Dan diumumkan pada 2 November 2015.‬

‪Tahapan berikutnya yakni tes kesamaptaan online pada 5 November. Dilanjutkan tes psikologi, tes integritas, dan tes kejujuran pada 6-9 November di Provinsi hasilnya diumumkan pada tanggal 14 November 2015.

‪Setelah itu, masuk penentuan akhir peserta tes penentuan akhir akan daftar ulang di kampus IPDN Jatinangor pada 15-17 November 2015.

‪Masih kata Hendri calon praja juga akan mengikuti tes ulang kesehatan, kesamaptaan, tes kompetensi bidang, serta wawancara yang hasil lulus seleksi akan diumumkan 24 November 2015 di website SPCP IPDN.

"Seluruh proses seleksi ditanggung oleh APBN," tutupnya.

Editor: Dodo