Kualitas Udara Membaik, Sejumlah TK dan PAUD di Batam Masih Liburkan Siswanya
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 08-10-2015 | 14:59 WIB
tk-adhyaksa.jpg
TK Adhyaksa XXIX di Sekupang yang masih meliburkan siswanya akibat kabut asap. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dampak kabut asap yang masih membahayakan masyarakat khususnya anak usia 0-tahun, 5 membuat beberapa TK dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih belum melakukan aktivitas belajar mengajar alias libur.

Seperti halnya di TK Adhyaksa XXIX, tak jauh dari SMA Negeri 1 Batam, terlihat tak ada aktivitas sedikitpun. "Sudah dua hari anak kita liburkan karena kabut asap," ujar Nelli, salah satu guru di TK tersebut, Kamis (8/10/2015).

Nelli mengatakan anak-anak diliburkan, sesuai surat edaran dari Dinas Pendidikan (Disdik) Batam, karena dampak kabut asap tersebut sangat rentan terhadap kesehatan anak-anak.

"Kemungkinan besok anak-anak sudah masuk sekolah kembali sesuai normal, mengingat hari ini kabut asap mulai membaik," ujar Nelli.

Namun, kata Nelli, apabila kabut asap masih mengganggu aktivitas belajar, maka proses mengajar dapat saja berubah. Tentu saja pihak sekolah akan menunggu keputusan dari Disdik Batam.

"Kalau Disdik bilang sudah aman anak-anak bisa sekolah tapi keputusan tersebut bisa saja berubah-ubah melihat kondisinya," ujar perempuan berhijab itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) kota Batam Muslim Bidin mengatakan sudah memberitahu kepada seluruh kepala sekolah TK dan PAUD untuk kembali mengaktifkan kegiatan belajar mengajar. Meski keputusan tersebut tetap bisa berubah bila ada kenaikan angka ISPU.

"Kita selalu koordinasi dengan Bapedal mengenai udara di Batam. Karena kiriman kabut asap ini sangat rentan terhadap anak-anak" pungkasnya.

Editor: Dodo