Soal DPT Batam, Panwaslu Nilai Kinerja KPU Tak Maksimal
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 06-10-2015 | 11:37 WIB
suryadi-prabu-baru.jpg
Suryadi Prabu, Ketua Panwaslu Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Batam menilai kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum maksimal seiring dengan masih bermasalahnya Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada serentak.

"Data DPT ini sampai sekarang belum akurat, masih banyak pemilih ganda yang terdaftar. Makanya ditolak KPU Provinsi," ujar Suryadi Prabu, Ketua Panwaslu Batam saat dihubungi pada Selasa (5/10/2015).

Menurutnya, KPU Batam harusnya lebih maksimal untuk mencermati DPT ini karena sangat krusial serta lebih memaksimalkan koordinasi dengan instansi penyelenggara pemilu yang lain.

"Seharusnya didata ulang tingkat kelurahan, kecamatan hingga kota. Jangan di pleno kalau DPT tingkat bawah belum dikroscek lagi," katanya.

Menurutnya penolakan KPU provinsi terhadap DPT yang disampaikan KPU Batam lantaran karena belum akuratnya data yang dikirim, hal tersebut juga diakui KPU Batam.

"Kemarin KPU Batam ditanya apa ini data akurat. Mereka menjawab sebenarnya belum akurat. Dalam pencermatan ulang sesuai rekomendasi Bawaslu agar melibatkan para saksi," pungkasnya.

Editor: Dodo