Ikatan Alumni UI Kepri Bagikan Masker ke Siswa SMPN 6 Batam
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 05-10-2015 | 11:22 WIB
iluni-bagi-masker.jpg
Iluni UI Kepri saat membagikan masker di SMPN 6 Batam. (Foto: Ahmad Rohmadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyosialisasikan cara menghadapi kabut asap dan sekaligus membagikan masker kepada siswa dan dewan guru di SMP Negeri 6 Batam.

Ketua Iluni UI Kepri, Rekaveny Respationo yang memimpin kunjunganya di SMP terbaik di Batam itu menyampaikan beberapa tips dan himbauan kepada para siswa yang usianya masih remaja itu cara menghadapi kabut asap.

Tips tersebut diantaranya adalah selalu menggunakan masker standar bila diluar rumah dan dihimbau untuk megurangi aktivitas di luar jika tidak ada keperluan penting.

"Yang kedua yaitu minum air putih, sebanyak-banyaknya," kata Rekaveny, Senin (5/9/2015).

Selanjutnya yaitu agar menghindari polusi udara, dan makan buah-buahan dan makanan yang bergizi, dengan pola empat sehat lima sempurna.

Terakhir, ia sebutkan bila mendapati gejala batuk yang berkepanjangan, sesak nafas, mata perih dan memerah agar segera berobat ke dokter.

Sementara Mulya Rindo Purba, anggota DPRD Batam yang juga sekaligus anggota Iluni mengatakan bahwa pihaknya sudah bekerja sama dengan Menteri Kesehatan, guna membantu memberikan masker kepada masyarakat luas.

"Kita juga membangun posko. Jadi, nanti bila ada keluhan masyarakat, mereka bisa berobat di posko," jelasnya.

Selain memberikan tips dan imbauan, Iluni juga akan mengadakan seminar, mengenai penyuluhan masalah asap. "Semua dokter dari Iluni UI di Kepri, kami akan ajak aktif memberikan penyuluhan," terangnya.

Sedangkan untuk masker sendiri sedikitnya ada sekitar seribu masker yang dibagikan untuk para siswa dan guru di SMPN 6 tersebut.

Editor: Dodo