Kapolresta Keluhkan Minimnya CCTv

CCTv Hanya Termaktub di Perda Tapi Tak Terpasang di Persimpangan Jalan
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 02-10-2015 | 09:58 WIB
rakor-cctv2.jpg
Rapat koordinasi di Komisi I DPRD, Kamis (1/10/2015) kemarin.

BATAMTODAY.COM, BatamKapolresta Barelang Kombes Pol Asep Safrudin mengeluhkan minimnya CCTv --yang sejatinya bisa membantu pihaknya dalam mengungkap berbagai kasus kejahatan, yang terpasang di Kota Batam. Dia pun mengaku, pihaknya harus bekerja ekstra keras untuk membongkar sejumlah kasus pembunuhan sadis di Batam akhir-akhir ini.

Keluhan Kapolresta Barelang ini bukan tak beralasan. Pasalnya, aturan tentang sistem pengamanan melalui kamera pengaman (CCTv) Kota Batam sudah ada sejak delapan tahun lalu, yakni Perda Nomor 2 Tahun 2007. Tapi nyatanya, CCTv itu hanya termaktub dalam Perda tapi tak terpasang di persimpangan jalan.

Kapolresta Asep juga mengku, pihaknya sudah sering kali menyampaikan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan pentingnya kamera pemantau itu.

"Sebenarnya Perda juga sudah ada tetapi kenyataanya di Batam masih sangat minim," kata Asep saat rapat koordinasi di Komisi I DPRD, Kamis (1/10/2015) kemarin. Menurutnya, sudah waktunya Batam mengefektifkan Perda CCTv tersebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Zulhendri mengatakan bahwa CCTv saat ini sudah terpasang di 12 persimpangan jalan. "CCTv itu bantuan dari Pemerintah Pusat dengan dana dari APBN," kata Zulhendri.

Ia juga menjelaskan, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan telah merencanakan pada tahun 2016 mendatang akan mengajukan penganggaran untuk kamera tersebut di APBD murni.

"CCTv kami hanya melihat jumlah kendaraan, tapi jika polisi meminta rekaman kamera akan kita berikan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Batam, Nyanyang Haris Pratamura juga sangat mendukung penerapan Perda CCTV CCTv dengan baik. Ia juga setuju pada APBD murni tahun 2016 dianggarkan untuk itu.

Ia juga menyampaikan terkait Kamtibmas di Kota Batam agar ada kerjasama yang baik dari semua elemen masyarakat dan aparat keamanan, baik dari Kepolisan atupun juga TNI.

"Semoga kasus yang belum terungkap segera terungkap. Kami sangat menudukung segala upaya Kepolisan untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat," katanya.

Editor: Dodo