Kapal Tak Berlayar, Ratusan Penumpang Tertahan di Pelabuhan Punggur
Oleh : Hadli
Selasa | 29-09-2015 | 15:27 WIB
ferry-sandar-punggur.jpg
Sejumlah kapal bersandar di Pelabuhan Telaga Punggur dan tak berlayar akibat kabut asap.

BATAMTODAY.COM, Batam - Tidak hanya Pelabuhan Domestik Sekupang yang menunda sejumlah pelayaran ke beberapa daerah di Kepri, Pelabuhan Telaga Punggur juga turut menutup pelayaran tujuan ke Tanjungpinang dan Dabo, Lingga pada Selasa (29/9/2015).

Pantauan di pelabuhan Telaga Punggur, ratusan penumpang sudah menunggu sejak pagi tadi sekitar pukul 8.00 WIB. Namun hingga pukul 13.25 WIB, belum kapal ada yang diberangkatkan ke Tanjungpinang. 

"Dari pagi tadi, jam 8.05 WIB saya sudah di sini (Pelabuhan Punggur). Kapal belum juga ada yang berangkat. Tidak tahu sampai jam berapa karena belum ada informasi dari pihak kapal," kata Sagala, salah satu penumpang tujuan Tanjungpinang ditemui di dermaga Palabuhan Telaga Punggur. 

Calon penumpang lainnya, Nurbaini juga bernasib sama sejak pagi tadi sudah menunggu di Pelabuhan Telaga Punggur. Namun dia heran karena untuk tujuan Tanjunguban, masih ada kapal berukuran kecil yang berangkat di tengah kabut asap. 

"Tapi kenapa ya speed ke Tanjunguban dari tadi terus berangkat, padahal asapnya tebal begini," celetuk wanita setangah baya ini. 

Calon penumpang ini berencana kembali ke rumah jika hari tidak ada kapal yang diberangkatkan ke Tanjungpinang. "Saya sudah hubungi anak, kalau tidak jadi berangkat nanti dijemput," kata dia kembali. 

Selain tujuan ke Tanjunguban, Bintan, juga terlihat kapal masih berdatangan dari Tanjungpinang ke Batam meski perairan diselimuti kabut asap. 

Sementara itu, Manajer Operasional MV Baruna, Yos mengatakan, hingga sampai saat ini pihak Syahbandar belum memberi izin untuk pelayaran. Sejauh ini, tambahnya, sebanyak 9 jadwal keberangkatan tujuan Tanjungpinang dibatalkan khusus kapal Baruna. 

Baruna, tambahnya juga menutup penjualan tiket. Tiket yang sudah terlanjur dibeli pada pagi hari, dikembalikan dalam bentuk uang sesuai harga tiket yang dibeli. "Tiket yang sudah dibeli pagi tadi bisa dikembalikan uangnya sesuai harga tiket," kata Yos lagi. 

Editor: Dodo