Lindungi Generasi Muda, BkkbN Kepri Sosialisasikan GenRe
Oleh : Ahmad Rohmadi
Sabtu | 19-09-2015 | 16:50 WIB
asman-bkkbn.jpg
Kepala BkkbN Kepri, Sugiyono (kanan) bersama Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Asman Abnur, Kadinkes Batam Candra Rizal, dan Kepala Badan Perberdayaan Perempuan Kota Batam, Nurmadiah bersala GenRe. (Foto : Ahmad Romadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Koordinasi Keluarga Berencana (BkkbN) Kepulauan Riau mengenalkan salam Generasi Berencana (GenRe) kepada para siswa SMK Al Azar Batam yang dikemas dalam format komedi edukasi, Sabtu (19/9/2015).

Kepala BkkbN Kepri Sugiyono mangatakan, pihaknya sengaja memasukkan unsur komedi edukasi itu, karena menurutnya dalam sosialisasi tidak mesti menggunakan acara-acara formal.

"Menyampaikan pesan itu kan tidak harus formal, tetapi dengan acara komedi edukasi seperti pembagian hadiah melaui kuis, saya kira akan mudah di pahami oleh para remaja kita," kata Sugiyono di Asrama Haji Batam.

Sosialisasi GenRe itu, tambah Sugiyono, adalah salah satu program memasyarakatkan keluarga berencana yang sasarannya adalah para remaja untuk memahami atas dirinya sendiri.

Selain itu juga untuk antisipasi kepada seluruh generasi muda agar tidak mudah terjerumus dalam hal-hal yang negatif sehingga merugikan dirinya sendiri dan orang lain. "Pemuda di Batam sudah cukup baik tapi harus kita tingkatkan untuk lebih baik," katanya.

Selain para siswa sekolah yang menjadi sasaran utama, kata Sugiyono lagi, BkkbN Kepri juga bekerja sama dengan perusahan yang ada di Kawasan Industri Batamindo Mukakuning Batam. Karena menurutnya, para pekerja dikawasan industri tersebut umumnya masih dalam usia yang perlu juga untuk disosialisasikan program GenRe. "Usia pekerja kita juga rata-rata masih usia muda sekitar 18 tahun," terangya.

Program GenRe sendiri bertujuan untuk memfasilitasi remaja agar memahami dan mempratikkan perilaku hidup sehat dan berakhlak mulia. Sehingga diharapkan akan tercapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan generasi berencana.

Editor: Dardani