Kabut Asap, 30 Penerbangan dari dan ke Hang Nadim Batam Dibatalkan
Oleh : Hadli
Sabtu | 19-09-2015 | 13:59 WIB
suwarso-baru.jpg
Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Suwarso.

BATAMTODAY.COM, Batam - Penerbangan di Bandara Hang Nadim Batam masih terganggu akibat kabut asap kebarakan hutan di wilayah Sumatera daratan. Akibatnya pembatalan penerbangan masih terjadi. 

"Ada banyak tujuan penerbangan dari Hang Nadim yang dibatalkan. Karena daerah tujuan masih terganggu akibat kabut asap wilayah tujuan," kata Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim Suwarso, Sabtu (19/9/2015). 

Ia mengatakan, maskapai Citilink, Lion Air serta Sriwijaya Air membatalkan penerbangan  diantaranya tujun ke Medan, Pekanbaru, Palembang, Jambi Semarang, Lampung Padang, Cengkareng serta tujuan Wilayah Kepri Batam - Natuna. Keseluruhan 30 penerbangan yang dibatalkan hari ini dari Batam dan sebaliknya (PP). 

"Diantaranya Citilink tujuan Medan, Pekanbaru dan Palembang. Lion ke Jambi, Pekanbaru, Semarang, Lampung, Medan dan Padang. Sriwijaya tujuan Natuna dan Cengkareng," paparnya. 

Selain itu, akibat gangguan penerbangan karena kabut asap, tambah Suwarso ada sebanyak delapan penerbangan yang dibatalkan ke Batam. "Jarak pandang di Hang Nadim masih bagus 5 km. Kendala masih di daerah tujun," tuturnya. 

Akibat gangguan asap, selama dua pekan terakhir hampir seratus penerbangan dari Hang Nadim dan sebaliknya khususnya tujuan Sumatera daratan dibatalkan.

"Awalnya hanya sekitar lima penerbangan per hari. Namun dalam beberapa hari terakhir ini tercatat lebih dari 10 penerbangan dibatalkan per hari. Selain itu ada juga penutupan penerbangan sementara dari sejumlah maskapai," kata Suwarso.

Suwarso berharap kebakaran hutan di Sumatera daratan segara teratasi sehingga jadual penerbangan khususnya dari Hang Nadim bisa kembali normal. Karena akibat gangguan asp berdampak pada pendapatan manajemen bandara ini. 

Editor: Dodo