Mesin Pembangkit Listrik PT Ecogreen Beroperasi Kembali
Oleh : Hadli
Jum'at | 18-09-2015 | 17:45 WIB
pt_ecogreen.jpg
PLTU milik PT Ecogreen (Foto : Hadli/Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mesin pembangkit listrik PT Ecogreen Oleochemicals yang sempat dihentikan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam, sudah beroperasi kembali.  

Demikian ungkap Humas PT Ecogreen Oleochemicals, Panahatan Hasibuan saat ditemui di Batam Center, kemarin. "Sudah aktif tapi masih sekil (skala)," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bapedal Kota Batam Dendi Purnomo saat dikonfirmasi membenarkan hal itu. Menurutnya, operasional pembangkit linstrik milik PT Ecogreen masih dilakukan uji coba  setelah dilakukan perbaikan. "Sumber kebocoran di cerobong sudah diperbaiki, dan tahap uji coba/ conditioning sedang dilangsungkan kapasitas uji hanya 5 megawatt," ujar Dendi menjawab BATAMTODAY.COM, Jumat (18/9/2015). 

Dendi menuturkan, bila tahan uji coba pembangkit menggunakan bahan bakar batu bara itu sudah tidak ada lagi masalah yang berdampak pada masyarakat, kapasitas operasional akan dinaikkan. "Jika tahap uji coba selesai kapasitas PLTU (milik PT Ecogreen Batam) akan naik mencapai 15 MW," tambah Dendi. 

Sebelumnya, setalah mendapat pengaduan dari masyarakat atas terjdinya kebocoran pada pipa pembuangan asap pembakaran batu bara PLTU PT Ecogreen yang berdampak pada masyarakat sekitar, Bapedal Kota Batam menghentikan operasional PLTU PT Ecogreen.

Kepala Bapedal Kota Batam, Dendi Purnomo, mengatakan, kejadian ini terjadi akibat kelalaian dari manager bagian health and safety perusahaan yang tengah melakukan uji coba mesin pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang mengakibatkan kebocoran.  

"Kalau pelanggaran administratif iya, karena terjadi kelailain atau kecelakaan kerja. Makanya kita perintahkan menghentikan kegiatan sampai perbaikan selesai," ujar Dendi melalui BlackBerry Messenger-nya kepada BATAMTODAY.COM. 


Editor: Dardani