ISPU Hari Ini, Kualitas Udara di Batam Masih Tidak Sehat
Oleh : Roni Ginting
Jum'at | 11-09-2015 | 16:25 WIB
dendi_purnomo_baru.jpg
Kepala Bapedal Batam, Dendi Purnomo.

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengendalian  Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam mencatat bahwa kualitas udara di Batam hari ini, Jumat (11/9/2015) masih dalam kategori tidak sehat akibat asap kiriman dari kebakaran hutan di Sumatera daratan.

Kepala Bapedal Batam, Dendi Purnomo menjelaskan Indeks Standart Pencemaran Udara (ISPU) pagi hari tadi tercatat masih 107 Polutan Standar Indeks (PSI) sehingga masih masuk kategori tidak sehat.

"Hasil monitoring tadi pagi ISPU tercatat 107 PSI. Berarti masih masuk kategori tidak sehat," kata Dendi.

Ia mengatakan, hasil monitoring yang dilakukan pihaknya selama lima hari ini, kualitas udara pada tanggal 7 September 98 PSI, tanggal 8 September 105 poin, tanggal 9 September 127 PSI dan tanggal 10 September kemarin mencapai 172 PSI.

"Artinya kemarin sore itu memang kualitas udaranya paling tidak sehat. Kalau hari ini sudah berkurang," terangnya.

Lanjutnya, berdasarkan hasil kajian tim dari Bapedal yang memonitor kualitas udara 24 jam ternyata angka ISPU meningkat pada pagi hari, petang dan malam hari. Sedangkan di siang hari berkurang karena terjadi pemuaian sehingga konsentrasi partikel lebih rendah dibanding pagi, petang maupun malam hari.

"Pantauan kemarin itu tertinggi mulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Siang hari pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB itu turun angka ISPU nya," tutur Dendi.

Editor: Dodo